Lima Portal Terbaik untuk Belajar Islam

0
1201

BincangSyariah.Com – Perkembangan minat umat Islam untuk belajar ajaran Islam lebih dalam mulai meningkat. Portal-portal Islam pun begitu banyak kita jumpai di internet. Saat ini, tidak sedikit juga generasi Milenial yang berminat belajar Islam melalui portal-portal Islami tersebut. Karena banyaknya portal itu, kami akan meringkas lima portal terbaik untuk belajar Islam, yang memiliki kelebihan dan ciri khas berbeda dari portal-portal keislaman lainnya. Buat kamu generasi Milenial, berikut kelima portal Islami tersebut.

1. Nu.or.id

Situs ini merupakan situs tertua di antara empat situs lainnya. Bila kalian tahu organisasi keislaman di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU), situs inilah yang digawangi oleh beberapa jurnalis dari kalangan generasi muda NU. Di antara organisasi keislaman lainnya, hanya NU yang kami pandang aktif menulis berita, menjawab permasalahan umat, dan merespons problematika keislaman dan keindonesiaan lainnya.

Kelebihan situs ini dalam menjawab masalah keislaman itu selalu merujuk pendapat ulama terlebih dahulu, baru merujuk pendapat sahabat ataupun Nabi saw. Walaupun kita diperintah mematuhi Alquran dan Hadis, namun kita juga butuh perantara untuk memahami keduanya, yaitu ulama. Selain itu, situs NU Online ini sudah masuk dalam daftar ranking teratas secara nasional. Menurut situs pemeringkat, Alexa, NU Online saat ini menduduki peringkat ke-451. Ini pertanda bahwa portal NU Online termasuk portal keislaman yang banyak dikunjungi.

2. Islami.co

Tidak jauh berbeda dengan NU Online, portal Islami.co ini juga menyajikan kajian-kajian keislaman mendasar hingga menengah. Namun demikian, portal ini memiliki ciri khas yang identik, yaitu selalu merespons isu politik dan relasinya dengan Islam. Jika kamu generasi Milenial yang suka membahas isu-isu politik dan sejarah Islam, portal ini layak kamu jadikan rujukan bacaan di sela-sela kesibukanmu yang padat. Peringkat portal ini juga cukup bergengsi dalam tingkat nasional. Padahal portal ini jauh berdiri sesudah NU Online.

Baca Juga :  Hari Baik Memulai Belajar-Mengajar Menurut Ulama Hadis

3. BincangSyariah.Com

Jika kamu lebih senang mendengarkan ceramah daripada membaca, BincangSyariah.com bisa menjadi solusi buat kamu yang tidak mempunyai waktu banyak membaca, karena mungkin kelelahan setelah bekerja seharian penuh. Bincang Syariah juga menyajikan video-video pendek mengenai isu-isu Islam kekinian. Selain itu, bagi kamu yang suka membaca artikel, portal ini juga menyajikan panduan dan tata cara praktik ibadah sehari-hari yang cukup lengkap.

4. Harakahislamiyah.com

Situs ini punya karakteristik khusus yang tidak ada di situs-situs sebelumnya. Bagi kamu yang ingin memahami Islam dengan mudah dan cepat, Harakahislamiyah solusinya, karena situs ini menyajikan infografis keislaman yang sangat menarik. Ini salah satu alasan kenapa situs ini mesti masuk daftar portal terbaik untuk belajar Islam. Kamu nyari infografis keislaman? Hanya ada di situs kece Harakahislamiyah.com ya.

5. Rumahfiqih.com

Kamu pernah dengar istilah fikih kan? Fikih itu pembahasan terkait hukum-hukum Islam. Pemahaman ulama terhadap Alquran dan Hadis nantinya akan menjadi hukum fikih. Dalam fikih, ada yang namanya mazhab atau aliran. Jadi, mazhab dalam fikih yang saat ini masih eksis itu ada empat, Hanafi, Maliki, Syafii, dan Hanbali. Namun untuk konteks Indonesia, secara umum umat Muslimnya menganut mazhab Syafii.

Nah, kelebihan situs Rumahfiqih ini tidak hanya membahas satu mazhab saja. Namun juga seringkali membahas empat mazhab. Kalau kamu sudah dalam tingkat menengah memahami keislaman, Rumahfiqih layak dijadikan sumber acuan. Inilah kelebihan portal Rumahfiqih.com.

Demikian daftar lima portal terbaik untuk belajar Islam. Semoga membantu para pembaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.