Lima Hal yang Akan Terjadi Jika Kebodohan Mendampinginya

0
244

BincangSyariah.Com – Islam sangat memotivasi umat muslim untuk memaksimalkan akal yang dimilikinya. Bahkan di dalam Al-Qur’an pun Allah swt. sering mengingatkan dengan firman-Nya “Apakah kamu tidak berfikir?” dan lain sebagainya.

Hal ini disebabkan karena agar umat muslim tidak hanya mengikuti nafsunya saja, tetapi juga menggunakan akalnya untuk dapat memilah mana yang benar dan mana yang salah. Sehingga umat muslim tidak akan melakukan hal-hal yang tidak pantas akibat dari akal yang tidak digunakannya. Berikut adalah lima hal yang akan terjadi jika kebodohan mendampinginya.

Pertama: Kebodohan + kefakiran = kriminalitas

الجهل + الفقر = الجريمة

Kefakiran akan menjadi sebuah kriminalitas jika dibarengi dengan suatu kebodohan. Di mana seseorang akan melakukan apapun yang berhubungan dengan kriminalitas demi menutupi kefakirannya. Seperti halnya kita sering melihat berita-berita di media sosial tentang kasus pencurian dan pembunuhan diakibatkan karena sang pelaku sedang membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan dirinya.

Kedua: Kebodohan + harta benda/kekayaan = kerusakan atau tindakan semena-mena

الجهل + المال = الفساد

Harta benda atau kekayaan akan menjadi sebuah tindakan semena-mena atau kerusakan jika dibarengi dengan suatu kebodohan. Di mana ketika seseorang memiliki harta yang melimpah, maka ia akan merasa sanggup membeli semuanya dengan harta. Ia tidak akan segan-segan menindas rakyat miskin demi memenuhi nafsunya. Seperti halnya kita sering melihat berita-berita di media sosial tentang kasus penggusuran rumah-rumah rakyat miskin demi dibangunnya mall yang besar untuk memenuhi kaum kapitalis.

Ketiga: Kebodohan + kekuasaan = kedzaliman atau ketidak adilan

الجهل + السلطة= الإستبداد

Kekuasaan akan menjadi sebuah kedzaliman atau ketidak adilan jika dibarengi dengan kebodohan. Di mana sang penguasa hanya memikirkan kepentingan dirinya sendiri dan golongannya dengan kekuasaan yang diembannya. Seperti halnya kita sering melihat para penguasa yang mendzalimi rakyatnya dengan kebijakan-kebijakan yang sangat tidak berpihak pada rakyatnya. Atau para penguasa yang mencuri harta rakyatnya untuk memenuhi dompetnya, keluarganya, dan golongannya sendiri.

Baca Juga :  Hukum Mengkhususkan Tempat Tertentu untuk Shalat dan Zikir

Keempat: Kebodohan + kemerdekaan = anarkis atau kekacauan

الجهل + الحرية = الفوضى

Kemerdekaan akan menjadi sebuah anarkisme atau kekacauan jika diberangi dengan kebodohan. Di mana seseorang merdeka dan bebas akan bertindak anarkis dan membuat kekacauan dengan kebodohannya, seperti terjadinya tawuran antar kelompok atau pelajar, kekacauan yang ditimbulkan oleh preman-preman, dan orang-orang yang dibawah pengaruh alkohol atau narkoba.

Kelima: Kebodohan + agama = terorisme

الجهل + الدين = الإرهاب

Agama akan berubah menjadi sebuah terorisme jika dibarengi dengan kebodohan. Seperti halnya kita sering melihat dan mendengar kasus-kasus terorisme yang mengatasnamakan agama sebagai pembenaran atau dalil atas kelakukannya. Padahal, tindakannya justru sangat bertentangan dengan ajaran agama itu sendiri yang mengajarkan kedamaian dan kasih sayang.

Demikianlah lima hal yang akan terjadi jika kebodohan mendampinginya. Oleh sebab itu, sebagai umat Islam hendaknya kita memaksimalkan akal yang telah diberikan oleh Allah swt. ketika hendak melakukan hal apapun dan dalam kondisi apapun. Jangan sampai kebodohan mendampingi kita atau bahkan menguasai kita sehingga timbul dan lahirlah hal-hal negatif dari tindakan kita. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here