Lakukan Penyesuaian Budaya Islam, Konser BTS di Arab Saudi Tuai Pujian

2
827

BincangSyariah.Com – Jumat lalu (11/10), grup boyband Korea Selatan BTS mengadakan konser untuk pertama kalinya di Arab Saudi. BTS yang merupakan akronim dari Bangtan Sonyeondan/Bangtan Boys merupakan boyband Korea Selatan berisi tujuh personil yang dibentuk oleh agensi pencari bakat plus label rekaman Big Hit Entertaiment. Beberapa pihak sempat mengecam diadakannya konser ini karena BTS mengadakan konser di negeri yang dianggap memiliki masalah soal Hak Asasi Manusia.

Mengutip situs Dream, agensi BTS memberikan perlakuan khusus untuk pelaksanaan konser ini. Para personil dan kru misalnya dikenalkan soal poin-poin tentang penghormatan terhadap budaya Islam di Arab Saudi. Mulai dari menggunakan abaya untuk kru wanita, menghentikan suara musik selagi azan berkumandang, hingga mengubah sejumlah koreografi dan lirik untuk menyesuaiakan dengan budaya Islam.

Usaha maksimal BigHit Entertaiment direspon positif oleh pihak Pemerintah Arab Saudi. Pemerintah misalnya memberikan area lounge khusus pemegang tiket VIP dan kru soundcheck dengan jamuan makan berdekorasi mewah. Dan itu dilakukan untuk pertama kalinya. Dari segi penonton, 68.752 tiket habis terjual untuk konser yang dilaksanakan selama tiga jam itu.

Rentetan Vision 2030 Arab Saudi

Arab Saudi memang sejak tahun 2017, mulai membolehkan beberapa hal yang dahulu diputuskan bertentangan dengan ajaran Islam. Misalnya, saat ini perempuan boleh menyetir, menonton di stadion, hingga menonton konser. Sikap-sikap seperti ini adalah bagian dari Vision 2030 Arab Saudi yang dimulai ketika Muhammad bin Salman (MBS) mulai berkuasa. Tujuan intinya adalah melakukan diferensiasi ekonomi Arab Saudi agar tidak hanya mengandalkan minyak, tapi juga dari pemasukan lain semisal Pariwisata, Rekreasi, Pendidikan ataupun Kesehatan.

Terkait dengan grup musik dari Korea Selatan, Super Junior adalah grup musik Korea pertama yang diperbolehkan melaksanakan konser di Arab Saudi. Mereka tampil di tahun 2019 lalu bersama dengan beberapa musisi lainnya seperti Janet Jackson dan Chris Brown pada acara Jeddah World Fest. Namun yang unik adalah dalam konser tersebut perempuan dilarang untuk berjingkrak-jingkrak untuk berjoget dan hanya diperkenankan duduk seperti biasa di kursi. Selain itu, penonton laki-laki dan perempuan juga ditempatkan secara terpisah, dan itu juga berlaku untuk konser boyband beranggotakan RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook.

Baca Juga :  Nasihat Nabi Untuk Orang yang Tertimpa Sakit

Selengkapnya liha di sini

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here