Kiai Sepuh Se-Jatim Serukan Persatuan Usai Pilpres

0
1634

BincangSyariah.Com –  Sejumlah kiai sepuh yang memiliki pandangan politik berbeda pada Pilpres 2019, menggelar pertemuan  rekonsiliasi nasional demi kesatuan Indonesia pasca Pilpres.

Pertemuan para kiai tersebut digelar di kediaman Ketua PBNU dan mantan Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul, di The Gayungsari, Surabaya, Jawa Timur.

“Pertemuan kali ini sangat penting karena para kiai yang bertemu memiliki pandangan politik berbeda di pilpres. Terlebih pertemuan pemuka agam Islam ini untuk menyikapi dinamika politik terbaru” kata Gus Ipul, Jumat (19/4/2019), sebagaimana dilansir dalam laman CNNIndonesia.

Mereka menganggap, lanjutnya, bahwa dukungan dalam Pilpres 2019 telah usai dan saatnya kini menatap ke depan demi keutuhan dan kemajuan bangsa.

Salah satu hasil kesepakatan yang dihasilkan dari rekonsiliasi tersebut di antaranya adalah meminta masyarakat untuk bersabar dan mengawasi penghitungan suara yang sedang dilakukan oleh KPU.

Masyarakat juga diminta untuk menjauhi segala bentuk provokasi dan ujaran kebencian yang berpotensi memecah belah umat. Hal itu sesuai kaidah Ushul Fikih yang menyatakan bahwa dar’ul mafasid muqoddamun ala jalbil mashalih yaitu menolak bahaya lebih utama daripada mengambil manfaat.

Jajaran kiai sepuh yang hadir dalam pertemuan yakni Pengasuh Pesantren Lirboyo Kediri, KH Anwar Manshur dan KH Abdullah Kafabihi, Pengasuh Pesantren Miftachussunnah Surabaya KH Miftahul Ahyar, Pengasuh Pesantren Ploso Kediri, KH Zainuddin Djazuli dan KH Nurul Huda Djazuli, serta Pengasuh Pesantren Sidogiri, Pasuruan KH Nawawi Abdul Djalil.

Para kiai sepuh se-Jatim itu meminta agar semua pihak bersabar menunggu dan mengawasi proses penghitungan suara yang dilakukan oleh KPU secara profesional, adil dan amanah dalam menjalankan tugasnya sesuai undang-undang yang berlaku untuk menghasilkan pemilu yang berkualitas.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here