Keutamaan Mengambil Makanan yang Jatuh

0
554

BincangSyariah.Com – Dalam Islam, kita sangat dilarang membuang makanan yang masih layak untuk dimakan. Bahkan ketika kita makan dan ada satu butir makanan atau lebih yang jatuh, maka kita dianjurkan untuk mengambilnya dan memakannya. Hal ini karena bisa jadi makanan yang jatuh tersebut merupakan makanan yang mengandung keberkahan. (Baca: Ini Doa untuk Menghindari Keracunan Makanan)

Selain itu, jika kita membiarkan makanan yang jatuh, maka makanan tersebut akan dimakan oleh setan. Padahal sebagaimana diperintah oleh Nabi Saw, kita tidak boleh memberikan sedikit pun tempat dan makanan kepada setan. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam Muslim dari Jabir bin Abdillah, dia berkata;

سَمِعْتُ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ :إِنَّ الشَّيْطَانَ يَحْضُرُ أَحَدَكُمْ عِنْدَ كُلِّ شَىْءٍ مِنْ شَأْنِهِ حَتَّى يَحْضُرَهُ عِنْدَ طَعَامِهِ فَإِذَا سَقَطَتْ مِنْ أَحَدِكُمُ اللُّقْمَةُ فَلْيُمِطْ مَا كَانَ بِهَا مِنْ أَذًى ثُمَّ لْيَأْكُلْهَا وَلاَ يَدَعْهَا لِلشَّيْطَانِ فَإِذَا فَرَغَ فَلْيَلْعَقْ أَصَابِعَهُ فَإِنَّهُ لاَ يَدْرِي فِي أَىِّ طَعَامِهِ تَكُونُ الْبَرَكَةُ

Saya pernah mendengar Nabi Saw bersabda; ‘Sesungguhnya setan menyertai salah satu dari kalian dalam segala hal hingga menyertai kalian ketika makan. Oleh karena itu, apabila suapan makanan salah seorang di antara kalian jatuh, ambilah kembali lalu buang bagian yang kotor dan makanlah bagian yang bersih. Jika sudah selesai makan, makan hendaknya menjilati jari-jarinya. Karena dia tidak tahu makanan mana yang membawa berkah.’ (Baca: Karena Sering Memberi Makanan, Nabi Ibrahim Diangkat Menjadi Khalilullah)

Dalam kitab Ihya’ Ulumuddin, Imam Al-Ghazali menyebutkan sebuah keutamaan mengambil makanan yang jatuh dari wadah pada saat makan. Disebutkan bahwa jika seseorang mengambil makanan jatuh dari wadahnya, maka hidupnya akan lapang dan anak-anaknya akan diberi kesehatan.

Ini berdasarkan hadis yang disebutkan oleh Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulumiddin, bahwa Nabi Saw bersabda;

من اكل ما يسقط من المائدة عاش في سعة وعوفي في ولده

Barangsiapa makan sesuatu yang jatuh dari wadahnya, maka dia akan hidup dalam keadaan lapang dan anak-anaknya dalam keadaan sehat. Wallahu a’lam bis shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here