Ketum PP Muhammadiyah; Indonesia Sudah Sesuai Syariat Islam

0
233

BincangSyariah.Com – Salah satu ormas keagamaan terbesar Tanah Air, Muhammadiyah, memberikan respon terkait rekomendasi NKRI Bersyariah dalam sejumlah rekomendasi Ijtimak Ulama ke-4 beberapa waktu yang lalu.

Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan konsep NKRI saat ini sudah sarat dengan nilai-nilai syariah. Sebab maqashid syariah/tujuan syariah, sudah tercakup di dalamnya (Pancasila).

“NKRI itu kan sudah lama bersyariah. Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan Adil Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin Hikmah Kebijaksanaan Permusyawaratan Perwakilan, dan Keadilan Sosial,” kata Haedar sebagaimana dilansir oleh Detik.Com.

Menurutnya, jika terlalu berkutat hanya berpikir soal nama, atribut, idiom, dan simbol justru makin menjauhkan NKRI dari jiwanya. “Tidak perlu lagi ada idiom-idiom, simbol-simbol, dan konsep-konsep yang makin menjauhkan NKRI ini dari jiwanya, karena hanya berpikir soal nama, soal atribut, soal cangkang, soal kulit,” sebutnya

Bagi Muhammadiyah, jelas Haedar, Indonesia adalah darul ahdi wa syahadah, yakni negara hasil kesepakatan bersama yang di dalamnya memiliki Pancasila sebagai ideologi negara. Demikian pula bagi para ulama yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia saat merumuskan  konsep NKRI.

“Praktikkan saja Pancasila, insyaallah baik syariat Islam maupun syariat agama lain itu akan tercakup di dalamnya. Jadi sudah cukup, kita jangan terus dihadapkan pada pertentangan istilah-istilah,” tegas Haidar.

Baca Juga :  Benarkah Kencing Unta Boleh Jadi Obat?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here