Ketika Handphone Terkena Najis, Apakah Harus Dicuci Pakai Air?

0
46

BincangSyariah.Com – Di antara masalah yang sering ditanyakan oleh sebagian masyarakat adalah cara menyucikan handphone terkena najis. Pasalnya, handphone termasuk barang elektronik yang tidak boleh terkena air. Jika terkena air, biasanya akan mudah rusak. Namun bagaimana jika handphone tersebut terkena najis, misalnya terkena air kencing, apakah harus dicuci pakai air?

Terdapat perbedaan di kalangan para ulama mengenai tata cara menyucikan barang eloktronik seperti handphone dan sejenisnya yang terkena najis. Setidaknya, ada dua pendapat ulama dalam masalah ini.

Pertama, harus dicuci dengan memakai air. Barang elektronik seperti handphone yang terkena najis tetap harus dicuci dengan memakai air. Jika hanya diusap menggunakan kain, tisu, dan lainnya, maka tetap dihukumi najis. Ini adalah pendapat ulama Syafiiyah, dan Imam Ahmad.

Ini sebagaimana dikatakan oleh Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmu’ berikut;

إذا أصابت النجاسة شيئاً صقيلاً كالسيف والسكين والمرآة ونحوها لم تطهر بالمسح ولا تطهر إلا بالغسل كغيرها، وبه قال أحمد وداود

Jika najis mengenai barang yang mengkilap seperti pedang, pisau, kaca dan sejenisnya, maka ia tidak bisa suci hanya dengan cara dibasuh, ia tidak bisa suci kecuali dengan dicuci pakai air sebagaimana barang lainnya. Ini adalah pendapat Imam Ahmad dan Dawud.

Kedua, barang elektronik yang terkena najis cukup hanya dibasuh saja, tanpa perlu dicuci memakai air. Ia menjadi suci hanya dengan dibasuh memakai tisu basah, memakai kain, dan lainnya. Ini adalah pendapat Imam Malik dan Imam Abu Hanifah.

Ini sebagaimana disebutkan oleh Al-Zaila’i dalam kitab Tabyin Al-Haqaiq berikut;

السيف من الحديد الصقيل كالمرآة والسكين إذا تنجس يطهر بالمسح؛ لما صح أن أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم كانوا يقتلون الكفار بسيوفهم، ثم يمسحونها ويصلون معها، ولأن غسل السيف والمرآة ونحو ذلك يفسدها

Pedang yang terbuat dari besi mengkilap, seperti halnya kaca dan pisau, jika ia terkena najis, maka ia menjadi suci dengan cara dibasuh. Hal ini berdasarkan hadis shahih bahwa sahabat Rasulullah Saw memerangi orang-orang kafir dengan pedang mereka, kemudian mereka mengusap pedangnya dan shalat dengan membawa pedang tersebut. Juga karena mencuci pedang, kaca dan sejenisnya akan membuatnya rusak.

100%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here