Kesehatan Merupakan Harta Berharga bagi Ahli Ibadah

0
1000

BincangSyariah.Com – Kekayaan adalah impian bagi setiap orang, karena dengan bergelimang harta (kaya) ia bisa membeli apapun yang ia mau. Kekayaan juga dapat mengangkat derajat sosial seseorang. Ia tidak dipandang sebelah mata oleh orang lain. Namun tentu diharapkan kekayaan itu dapat bermanfaat juga untuk sesama manusia.

Akan tetapi kekayaan tidak berarti apa-apa bila yang bersangkutan itu tertimpa sakit, karena kesehatan merupakan harta berharga bagi si kaya maupun si miskin. Bahkan kesehatan bagi orang yang bertakwa lebih baik dari kekayaan, Nabi saw. bersabda:

لَا بَأْسَ بِالْغِنَى لِمَنْ اتَّقَى، وَالصِّحَّةُ لِمَنْ اتَّقَى خَيْرٌ مِنْ الْغِنَى، وَطِيبُ النَّفْسِ مِنْ النَّعِيمِ . رواه ابن ماجه

Tidak mengapa seseorang itu kaya asalkan bertakwa. Sehat bagi orang yang bertakwa itu lebih baik dari kaya. Dan hati yang bahagia adalah bagian dari nikmat. ” (HR. Ibnu Majah no. 2141)

Bagi orang yang bertakwa memiliki banyak harta adalah anugerah, karena harta yang dimilliki orang yang bertakwa dapat digunakan di jalan yang Allah Swt ridhai. Sebaliknya, harta yang dimiliki oleh orang yang tidak bertakwa (fasik), hartanya dihambur-hamburkan untuk menuruti hawa nafsunya.

Dalam kitab Faidul Qodir Syarah Jami’ As-shagir Juz, 6 Hlm, 496, Imam Al-Munawi menegaskan:

والصحة لمن اتقى خير من الغنى فإن صحة البدن عون على العبادة فالصحة مال ممدود والسقيم عاجز والعمر الذي أعطى به يقوم العبادة والصحة مع الفقر خير من الغنى مع العجز والعاجز كالميت

Kesehatan bagi orang yang bertakwa itu lebih baik dari kekayaan, karena kesehatan raga akan membantunya untuk beribadah. Kesehatan adalah harta yang panjang dan sakit merupakan kelemahan. Umur yang diberikan padanya untuk menjalankan ibadah, dan kesehatan disertai kefakiran lebih baik dari kekayaan yang disertai kelemahan (dalam beribadah), dan orang lemah itu seperti mayat.

Wallahu A’lam Bissawab.

Baca Juga :  Fenomena Sugi Nur: Potret Nyata Manipulasi Sentimen Agama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here