Kenapa Masih Takut Miskin?

0
2401

BincangSyariah.Com – Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar. Kemiskinan sendiri merupakan masalah yang global. Sebagian orang menilainya dari segi moral dan evaluative, sementara lainnya melihatnya secara subyektif dan komparataif. Namun yang sering terjadi adalah miskin dipandang sebagai gambaran kekurangan materi, yang biasanya mencaup kebutuhan papan, sandang, dan pangan sehari-hari. (Doa Agar Mudah Mencintai Orang Miskin)

Kebanyakan manusia tidak mau jatuh pada jurang kemiskinan, atau lebih tepatnya takut terjatuh ke dalamnya. Tak heran jika banyak sebagian dari kita yang berusaha dengan berbagai cara untuk menghindarinya, bahkan sampai ada yang menukar agama hanya untuk mendapatkan sebagian harta benda duniawi. Untuk siapapun yang tengah merasakan ketakutan akan jatuh miskin, yuk sejenak menengok petuah hikmah dari Syekh Imam Ibn Rajab dalam kitab Jami’ul Ulum wa Hikam:

أما تخاف الفقر؟ فقال أنا أخاف الفقر ومولاي له مافي السموات وما في الأرض وما بينهما وما تحت الثرى

Kau takut miskin? Abu Hazim menjawab, pelindungku adalah pemilik apa yang ada di bumi, apa yang ada di langit, dan apa yang ada diantara keduanya, serta apa yang ada dibawah tanah. Kenapa aku harus takut?

Keterangan di atas mengingatkan kita akan Maha Besar nya Allah. Allah sang pemiliki jagad raya ini. Apapun yang indah dan nikmat dari ujung utara hingga ujung selatan, Allah yang punya. Jika kita benar merasa dan mengakui bahwa Allah adalah pelindung kita dalam kehidupan ini, mengapa masih merasa takut akan miskin?  Takut akan miskin sering mendorong seseorang menjadi pelit, curang, bahkan menghalalkan berbagai cara untuk mendapatkan harta.

Jika kita telusuri sikap takut miskin ini, kita akan menyadari bahwa akarnya adalah kecintaan terhadap dunia. Orang yang mencintai dunia tentu saja khawatir bila kehilangan kenikmatannya, salah satunya adalah nikmat harta. Dan orang yang beriman kepada Allah tidak masuk dalam kategori semacam itu, sesbab itu yakin bahwa Allah adalah Dzat yang Maha Kaya, yang bisa memenuhi segala kebutuhan hidupnya. Allah pernah mengingatkan dalam firman-Nya: 

وَلَا تَقْتُلُوا أَوْلَادَكُمْ خَشْيَةَ إِمْلَاقٍ ۖ نَحْنُ نَرْزُقُهُمْ وَإِيَّاكُمْ

Baca Juga :  Cara Menghiasi Diri Ketika Alami Jatuh Miskin

Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan. Kamilah yang akan memberi rezeki kepada mereka dan juga kepadamu

Menurut keterangan dalam Tafsir Ibn Katsir, ayat tersebut menunjukkan bahwa Allah sangat sayang kepada hamba-hambaNya melebihi kasih sayang orang tua kepada anaknya. Dimana Allah mengedepankan perhatian terhadap rezeki anak-anak orang tua tersebut (hamba Allah) di saat orang tuanya hendak membunuh anaknya ketika tiada harta yang sanggup untuk diwariskan.

Dengan demikian, rasanya sudah tak baik lagi jika kita masih mempertanyakan kekayaan Allah yang bisa meliputi segalanya. Allah itu benar Maha Kaya, jangan kita remehkan hanya dengan malas berdoa. Karena jika kita meyakini bahwa Allah adalah pelindung hidup kita, kita tak akan merasakan apa itu takut miskin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here