Kenapa Jumlah Sembelihan Akikah Antara Laki-laki dan Perempuan Berbeda?

0
561

BincangSyariah.com – Akikah adalah bentuk pengorbanan umat Islam dengan menyembelih kambing sebagai ungkapan rasa syukur dan diniatkan beribadah kepada Allah Swt atas kelahiran anak. Namun, jumlah kambing yang disembelih antara perempuan dan laki-laki berbeda. Hal tersebut berdasarkan riwayat Ummu Kurz Al-Ka’biyyah ra. dalam kitab Al-Muhadzzab karya Abu Ishaq As Sirazi tentang akikah. Ia bertanya kepada Nabi Muhammad saw tentang Akikah, Nabi pun menjawab bahwa untuk bayi laki-laki dua ekor kambing dan untuk bayi perempuan satu ekor saja.

والسنة أن يذبح عن الغلام شاتين وعن الجارية شاة لما روت أم كرز قالت سألت رسول الله صلى الله عليه وسلم عن العقيقة للغلام شاتان مكافئتان وعن الجارية شاة

“Sunnah untuk disembelih (berakikah) dua ekor kambing yang setara umurnya untuk anak laki-laki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan berdasarkan riwayat Ummu Kurz Ra. Ia bertanya kepada Rasulullah saw tentang akikah, lantas Rasul menjawab, “Bagi anak laki-laki dua ekor kambing yang sama, dan bagi anak perempuan satu ekor kambing.”

Setelah melihat penjelasan tersebut, jelas sudah bahwa jumlah kambing yang disembelih untuk anak laki-laki dan anak perempuan berbeda walaupun itu hanya sebuah anjuran. Artinya, kalaupun hanya mampu menyembelih satu kambing saja maka tidak apa-apa dan tetap diperbolehkan.

Namun, alangkah lebih baiknya kita mengetahui latar belakang atau alasan mengapa jumlah akikah untuk keduanya dibedakan, supaya kita betul-betul mengerti dan bisa mengutamakan jumlah yang afdhal atau lebih utama.

Dibedakannya jumlah sembelihan hewan untuk akikah antara anak laki-laki dan perempuan itu tidak lepas dari situasi dan kondisi sosial bangsa Arab masa lalu, di mana semua orang tua pada saat itu lebih mengharapkan kehadiran anak laki-laki ketimbang anak perempuan. Dengan kata lain, kebahagian mereka ketika mendapatkan anak laki-laki itu melebihi dari mendapatkan anak perempuan. Karenanya, jumlah kambing sembelihan akikah dibedakan, yaitu dua ekor untuk anak laki-laki dan satu ekor untuk anak perempuan.

Baca Juga :  Adab Menyambut Kelahiran Anak dalam Islam

Masih dalam kita Al-Muhadzab dijelaskan,

ولإنه إنما شرع للسرور بالمولود بالغلام أكثر فكان (الذبح عنه) أكثر

“Akikah disyaratkan perwujudan nyata rasa bahagia dengan kehadiran anak, sedangkan kebahagian dengan kehadiran anak laki-laki itu lebih besar. Maka jumlah sembelihan akikahnya lebih banyak.”

Dengan ini, alasan pembedaan jumlah kambing sembelihan akikah untuk anak laki-laki dan perempuan adalah kadar dan raya syukur yang berbeda antara kehadiran anak laki-laki dan perempuan yang mana anak laki-laki lebih diharapkan dan rasa bahagianya pun berlebih. Walaupun begitu, anjuran akikah ini tidaklah boleh menjadi beban bagi orang tua, sebab ini hanyalah sebuah anjuran, bukan kewajiban. Jika hanya mampu menyediakan satu ekor kambing sembelihan akikah saja untuk anak laki-laki sama seperti halnya jumlah untuk anak perempuan, maka tetap diperbolehkan dan sah-sah saja.

Wallahu ‘Alam bi As Shawab



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here