Kemenag, NU, Muhammadiyah Tetapkan Hari Raya Idul Fitri 2020 Jatuh pada Hari Ahad

0
1431

BincangSyariah.Com – Menteri Agama, Fachrul Razi, mengumumkan hasil sidang isbat lebaran 2020/Idul Fitri 1441 H yang jatuh pada hari Ahad, 24 Mei 2020.

Kata Menteri Agama, semua petugas yang melakukan observasi tidak melihat hilal atau bulan baru. Selain itu, metode hisab menyatakan bawah posisi hilal di bawah ufuk.

Sidang isbat ini dilakukan dengan memenuhi protokol kesehatan covid-19 dengan adanya pembatasan peserta untuk mengurangi potensi penyebaran virus.

Unsur pimpinan ormas dan tamu undangan dilibatkan dalam sidang isbat melalui aplikasi pertemuan online atau daring.

Di tempat terpisah, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama melalui Tim Rukatul Hilal Lembaga Falakiyah juga telah melakukan rukyah hilal secara faktual di sejumlah wilayah. Tim PBNU ini menyatakan bahwa hilal tidak terlihat.

Oleh karena itu, Tim Rukatul Hilal Lembaga Falakiyah menetapkan bahwa puasa Ramadhan dilaksanakan sebanyak 30 hari hingga esok hari, dan menetapkan hari raya Idul Fitri jatuh pada Ahad, 24 Mei 2020.

Senada dengan keputusan di atas, Muhammadiyah juga menetapkan 1 Syawal jatuh pada Ahad 24 Mei 2020. Penetapan ini berdasarkan pengumuman dari Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, jadwal Lebaran Idul Fitri 2020 ditetapkan melalui Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2020 jatuh pada tanggal Hari Ahad 24 Mei 2020.

Baca Juga :  Taubatlah Sebelum Meninggal, Ini Empat Syarat Taubat Diterima

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here