Kata Nabi, Ini Godaan Terbesar bagi Umat Islam

1
2544

BincangSyariah.Com – Hidup adalah kamvas dunia yang penuh warna. Hitam dan putih saling setia serta siang dan malam saling menguatkan. Begitu pla dengan kebahagiaan yang beriringan dengan berjuta godaan. Silh berganti terus berjalan mewarnai dan menguji setiap manusia yang bernyawa. Lantas, taukah godaan apa yang terbersar bagi umat Islam sekarang?

Kehidupan dunia ini adalah begitu menawan bagi setiap manusia yang menginginkan tahta, jabatan, wanita, harta dan seterusnya. Sebuah kecemasan Rasululah saat duduk bersama sahabat, beliau bersabda:

إِنَّ مِمَّا أَخَافُ عَلَيْكُمْ من بعدي ما يفتح عليكم من زهرة الدنيا و زينتها

“Sesungguhnya di antara yang aku khawatirkan pada diri kalian setelah peninggalanku ialah dibukakannya bunga dunia dan pernak-perniknya untuk kalian.”

Pernahkah melihat seseorang yang berhasrah memetik bunga yang sedang mekar di kebun mangga? Terlihat begitu indah sehingga ingin memetiknya. Namun tahukah kita sekiranya bunga tadi benar-benar dipetik sebelum berubah menjadi buah? Ternyata tidak akan berapa lama kemudian akan segera layu dan pada akhirnya akan dicampakan oleh sang pemetiknya.

Nilai dunia memang segitu saja, namun Nampak begitu istimewa bagi seseorang yang tidak didasari oelh iman yang kuat. Harta memang diciptakan oleh Allah sebagai cobaan bagi manusia. Bahkan menjadi fitnah besar bagi umat islam yang merusak dan meluluh lantakkan semua persendian mereka. Hati mereka terkendalikan oleh harta sehingga lambat lain lemahlah kondisi mereka. Tentang bahaya firnah harta ini terhadap umat islam Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam jelaskan dalam sabdanya:

إن لكل أمة فتنة وفتنة أمتي المال

Setiap umat memiliki godaan, dan godaan (terbesar) ummatku adalah harta (HR Tirmidzi)

Godaan terbesar tersebut adalah berupa harta yang menyebabkan pada kelalaian, sehingga lupa akan kewajiban dan ketaatan. Godaan disini bisa datang dari berbagai sisi. Diantaranya adalah cara mencarinya, keinginan yang berlebihan untuk mendapatkannya, dan juga penggunaannya. Manusai tetap butuh akan hal itu, namun tetap harus berada dalam koridor yang bernar.

Baca Juga :  Kenali Tujuh Macam Sifat Nafsu

Ketahuilah bahwa pemberian Allah yang berupa harta, anak, dan semisalnya dalah ujian sendiri bagi manusia. Dengan pemberian tersebut, manusia menjadi semaki dekat denga Tuhan atau jadi sebaliknya? QS Al Anfal ayat 28 menyebutkan:

وَاعْلَمُوا أَنَّمَا أَمْوَالُكُمْ وَأَوْلَادُكُمْ فِتْنَةٌ وَأَنَّ اللَّهَ عِنْدَهُ أَجْرٌ عَظِيمٌ

Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here