Kata Nabi, Dunia adalah Penjara Umat Islam

0
883

BincangSyariah.Com – Tidak dapat dipungkiri banyak sekali aturan-aturan hukum Islam yang harus ditaati oleh umat Muslim. Mulai dari aturan kewajiban salat lima kali sehari, puasa di bulan Ramadan dan mengeluarkan zakat. Selain itu, banyak pula aturan-aturan yang sifatnya melarang. Larangan minum minuman beralkohol, makan babi, mencuri dan larangan-larangan lainnya.

Banyaknya aturan yang harus ditaati dan larangan yang harus dihindari seakan-akan menjadikan dunia ini penjara bagi umat Muslim. Tidak bebas melakukan apa saja yang diinginkan. Hal ini pun telah diinformasikan di dalam hadis sebagaimana berikut.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ  قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : الدُّنْيَا سِجْنُ الْمُؤْمِنِ وَجَنَّةُ الْكَافِرِ. رواه مسلم.

Dari Abu Hurairah r.a., ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Dunia adalah penjara orang yang beriman, dan surganya orang kafir. (H.R. Muslim).

Berdasarkan hadis tersebut, Rasulullah saw. pun telah mengingatkan kepada umat Islam bahwa dunia ini sebuah penjara dengan segala peraturan dan tantangan yang harus dipatuhi. Dunia bukanlah surga bagi orang yang beriman, karena ia telah disiapkan surga yang abadi oleh Allah Swt. di akhirat kelak.

Imam Nawawi di dalam kitab Syarh Shahih Muslim menjelaskan bahwa maksud dari orang Mukmin terbelenggu atau terpenjara tersebut adalah ia terhalang dari kesenangan-kesenangan yang diharamkan dan dimakruhkan di dunia. Ia justru terbebani dengan melakukan ketaatan-ketaatan yang memberatkan.

Namun, ketika ia meninggal dunia, maka ia pun akan istirahat dari semua itu dan menuju tempat yang telah disiapkan oleh Allah Swt. berupa surga yang penuh kenikmatan tanpa ada kekurangan sedikitpun dan ia kekal di dalamnya. Sementara itu, bagi orang kafir yang tidak mau beriman, ia bebas melakukan apa saja yang ada di dunia. Namun ketika ia mati, maka siksaan yang abadi telah disediakan untuknya.

Baca Juga :  Nabi Membolehkan Iri kepada Dua Orang Ini

Maka, bagi umat Islam, bersabar dan ikhlaslah menjalankan aturan-aturan agama dan menjauhi segala yang dilarangNya. Karena kata Nabi saw. dunia memang penjara buat umat Islam, bukan surga. Surga yang sesungguhnya adalah di akhirat kelak yang telah disiapkan sebagai balasan bagi mereka yang mau taat di dunia atau penjara ini. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here