Kapankah Pintu Langit Dibuka dan Doa Diterima?

0
1679

BincangSyariah.Com – Mengajukan proposal pada sebuah perusahaan elit akan membuahkan hasil jika diajukan pada waktu yang tepat. Begitu pula dengan doa kita kepada Sang Pencipta. Ada beberapa waktu yang paling baik untuk memanjatkan doa sehingga doa tersebut dikabulkan oleh-Nya. Jangan salahkan Tuhan jika doa kita belum di jawab, namun silahkan cek sendiri apa ada yang salah dengan cara dan waktu kita berdoa.

Dengan demikian, mencari waktu yang mustajabah adalah satu dari sekian banyak tips agar doa kita dikabulkan oleh Tuhan. Rasulullah, sang maha guru banyak memberikan rahasia-rahasia agar doa kita diterima oleh-Nya. Salah satunya melalui hadis dibawah ini:

اذا ثوب بالصلاة فتحت لأبةاب السماء واستجيب الدعاء

Apabila salat sudah diserukan (disuarakan iqamah), maka dibukalah pintu-pintu langit dan diterimalah doa

Rasulullah menyebutkan bahwa saat iqamah dikumandangkan adalah saat-saat di mana pintu langit sedang dibuka dan doa-doa yang dipanjatkan akan diterima oleh Allah. Terdengarnya sangat sederhana, namun bernilai istimewa bagi siapa saja yang mau mengamalkannya. Siapa saja yang sedang sangat butuh bantuan Tuhan, dengan segera menanti waktu tersebut.

Dalam hadis lain juga disebutkan bahwa waktu di antara azan dan iqamah juga merupakan waktu yang dianjurkan untuk memperbanyak doa. Hal tersebut berdasarkan sabda Rasulullah:

الدعاء لا يرد بين الأذان والإقامة

Doa di antara azan dan iqamah tidak tertolak

Waktu istimewa tersebut sangat berharga jika hanya dilewatkan dengan begitu saja. Terlebih bagi seseorang yang sedang menunggu sang imam untuk salat berjamaah. Memperbanyak zikir dan doa jauh lebih baik dibandingkan dengan sekedar mengecek beberapa notifikasi yang hadir di layar gawai. Panjatkan banyak doa, bukankan doa adalah senjata orang mukmin untuk menghadapi banyak urusan?

Baca Juga :  Ini Makna Man ‘Arafa Nafsahu Faqad ‘Arafa Rabbahu Menurut Guru Syekh Ibnu Athaillah

Allah terus membentangkan rahmat-Nya dan mengabulkan doa setiap hamba yang mau berdoa kepada-Nya. Dan saat waktu istimewa tersebut, tidak ada lagi sekat antara hamba dan Sang Pencipta, sehingga tiada doa yag ditolak oleh-Nya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here