Kajian Rumahan; Merawat Hubungan Antar Manusia, Kunci Merajut Hubungan dengan Allah

1
893

BincangSyariah.Com – Setelah Al-Qur’an turun sempurna, Islam adalah satu sistem nilai yang saling menyatu dan menguatkan pada setiap antar uraiannya, dengan dimensi ketuhanan (hablum minallah) dan kemanusiaan (hablum minannas). Demikian uraian Ustad taufiqurahman dalam Kajian Rumahan yang rutin diadakan dua kali sebulan di bilangan Bintaro.

Secara Bahasa, Habul minallah adalah hubungan dengan Allah. Maksudnya bagaimana seorang hamba merawat hubungan yang bersifat ubudiyah dengan Allah Swt. Sementara hablum minannas adalah hubungan dengan manusia maksudnya bagaimana setiap hamba berinteraksi dengan sesamanya dengan baik.

“Keduanya merupakan satu kepaduan yang saling menguatkan dan menyatu,” urai pria yang mendapatkan gelar Master of Arts (MA) dari Universitas Al-Azhar Kairo itu, pada acara Kajian Rumahan, di Bintaro (13/07/19).

Hal ini tergambar dengan jelas saat Rasulullah bersabda,

لا يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لأَخِيهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ

“Tidaklah beriman seorang di antara kalian, sampai ia mencintai saudaranya seperti ia mencintai dirinya sendiri.” (HR. Bukhari & Muslim)

Merawat Iman merupakan bagian dari pada menjaga hubungan dengan Allah, namun hal itu tetap tidak sempurna hingga hamba-Nya itu mampu merawat hubungannya dengan sesama manusia.

“Seorang Muslim yang baik bukan sekadar yang lama di masjid, namun yang menjalankan seluruh nilai agama di mana saja dan kapan saja, baik itu di masjid, pasar, tempat kerja, jalan raya, dan lain-lain. Sebab Islam mengutamakan substansi, bukan semata-mata bentuk,” jelas Ustad yang saat ini menjabat sebagai Dekan Fakultas Dakwah Institut PTIQ Jakarta, itu.

Sebagai informasi, Kajian Rumahan adalah kajian keislaman dengan konsep homey yang diinisisi oleh masyarakat urban di suatu kompleks perumahan, yang bekerjasama dengan cariustadz.id, platform layanan untuk mencari ustadz. Platform ini diluncurkan guna memudahkan masyarakat urban dan perkotaan mencari ustadz yang kompeten dan ramah untuk beragam kegiatan keagamaan, kajian keluarga, aqiqah, pernikahan dan pengajian rutin.

Baca Juga :  Terkait Banyak Gerakan Hijrah, Ini Arti Hijrah di Kalangan Sufi

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here