Benarkah Jika ِAnak Masih Ada Kakek Tidak Disebut Yatim?

1
1339

BincangSyariah.Com – Di sebagian daerah, terdapat sebagian masyarakat yang beranggapan bahwa jika masih ada kakek yang masih hidup, seseorang yang belum baligh yang ditinggal mati oleh ayahnya tidak disebut dengan anak yatim. Hal ini karena kakek yang masih hidup itulah yang mengganti posisi ayahnya yang sudah meninggal. Benarkah demikian?

Dalam masalah ini, terdapat perbedaan di kalangan ulama. Menurut kebanyakan para ulama, jika seseorang ditinggal mati oleh ayahnya dan dia masih belum baligh, maka dia disebut sebagai yatim, meskipun ibu dan kakeknya masih hidup. Mereka berpendapat bahwa kakek maupun orang lain tidak bisa mengganti posisi ayah dari anak tersebut. (Sampai Usia Berapa Seorang Masih Disebut Yatim?)

Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Ali bin Muhammad Al-Jurjani dalam kitabnya Al-Ta’rifat berikut:

اليتيم: هو المنفرد عن الأب؛ لأن نفقته عليه لا على الأم

Yatim adalah orang  yang ditinggal mati bapak kandungnya karena nafkahnya wajib ditanggung bapaknya, bukan ibunya.

Hal ini juga ditegaskan dalam kitab Asnal Mathalib berikut;

الثَّالِثُ لِلْيَتَامَى لِلْآيَةِ وَهُمْ كُلُّ صَغِيرٍ ذَكَرٍ أو أُنْثَى أو خُنْثَى لَا أَب له وَلَوْ كان له أُمٌّ وَجَدٌّ

Ketiga bagi anak-anak yatim berdasarkan sebuah ayat. Yang dimaksud dengan anak-anak yatim adalah setiap anak kecil, baik laki-laki, perempuan, maupun banci, yang tidak memiliki ayah, meskipun masih memiliki ibu dan kakek.

Sementara sebagian ulama berpendapat bahwa seseorang disebut yatim jika dia tidak memiliki ayah dan kakek. Artinya, jika dia masih memiliki kakek, meskipun ayahnya sudah meninggal, maka dia tidak disebut anak yatim. Hal ini karena kakek harus mengganti peran dan tanggung jawab ayah yang sudah meninggal, baik dari nafakah, perawatan dan lainnya.

Baca Juga :  Apakah Anak Hasil Zina Bisa Disebut Anak Yatim?

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Tafsir Al-Baghawi berikut;

واليتامى: جمع يتيم، واليتيم: اسم لصغير لا أب له ولا جد

Adapun lafadz ‘al-yatama’ adalah jama’ dari kata yatim. Yatim adalah nama bagi anak kecil yang tidak memiliki ayah dan kakek.

Juga disebutkan dalam kitab Raudhatut Thalibin sebagai berikut;

واليتيم الصغير الذي لا أب له قيل ولا جد

Yatim adalah anak kecil yang tidak memiliki ayah. Sebagian ulama mengatakan, juga tidak memiliki kakek.

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here