Inilah Waktu Terbaik Melaksanakan Akad Nikah

5
3105

BincangSyariah.Com – Menikah termasuk perkara yang dianjurkan dalam Islam. Setiap laki-laki dan perempuan yang sudah siap secara materi dan mental, maka sebaiknya mereka untuk segera menikah. Namun, kapan waktu terbaik melaksanakan akad nikah dalam Islam?

Dalam kitab I’anatut Thalibin, Syaikh Abu Bakar Syatha telah menjelaskan terkait waktu terbaik untuk melangsungkan akad nikah. Menurut beliau, sebaiknya akad nikah dilakukan pada waktu pagi di hari Jumat bulan Syawal. Terdapat beberapa hadis yang menjadi dasar terkait waktu ini. Di antaranya hadis riwayat Imam Tirmidzi, Nabi saw. bersabda;

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِأُمَّتِيْ فِيْ بُكُوْرِهَا

“Ya Allah, berkahi umatku di waktu paginya.”

Hadis ini berisi doa Nabi saw. agar umatnya selalu diberi keberkahan oleh Allah di waktu paginya. Karena itu, sebaiknya ibadah, perbuatan amal saleh seperti sedekah dan akad nikah dilakukan di waktu pagi agar mendapatkan keberkahan dari Allah.

Selain itu, akad nikah sebaiknya dilaksanakan pada hari Jumat. Hal ini karena nikah adalah ibadah, dan ibadah lebih sempurna dilakukan pada hari Jumat. Tak sedikit dari kalangan ulama salaf yang sangat menganjurkan sekali melaksanakan akad nikah di hari Jumat.

Ibnu Qudamah dalam kitabnya Almughni mengatakan sebagai berikut;

ويستحب عقد النكاح يوم الجمعة لأن جماعة من السلف استحبوا ذلك منهم سمرة ابن حبيب وراشد بن سعيد وحبيب بن عتبة ولأنه يوم شريف ويوم عيد فيه خلق الله آدم عليه السلام

“Disunnahkan akad nikah pada hari Jumat, karena sejumlah ulama salaf menganjukan hal itu. Di antara mereka adalah Samurah bin Habib, Rasyid bin Said, dan Habib bin Utbah. Selain itu, hari Jumat adalah hari yang mulia, hari raya, hari di mana Allah Swt. menciptakan Nabi Adam.”

Baca Juga :  Cara Memahami Hadis: Keilmuan Geografi dalam Memahami Hadis

Juga akad nikah dianjurkan dilaksanakan di bulan Syawal. Hal ini karena Nabi saw. menikah dan berbulan madu dengan Sayidah Aisyah di bulan Syawal. Dalam hadis riwayat Imam Muslim disebutkan, dari Sayidah berkata;

تَزَوَّجَنِيْ رَسُوْلُ الله صلى الله عليه وسلم فِيْ شَوَّال وَبَنَى بِيْ فِيْ شَوَّال

“Nabi Saw. menikahiku di bulan Syawal dan berbulan madu di bulan Syawal.”

 



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

5 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here