Inilah 15 Ancaman Siksa bagi Orang yang Melalaikan Shalat

0
1703

BincangSyariah.Com­ – Shalat merupakan suatu kewajiban yang diperintahkan langsung oleh Allah Swt. kepada hamba-hamba-Nya. Syekh Zainuddin bin ‘Abdil ‘Aziz bin Zainuddin Al Malibary dalam kitabnya yang berjudul Irsyadul ‘Ibad ila Sabilil Rasyad secara tegas meyebutkan bahwa orang yang suka melalaikan shalat akan diancam dengan mendapatkan 5 siksaan di dunia, 3 siksaan ketika sakaratul maut, 3 siksaan di dalam kubur, dan 3 siksaan ketika keluar dari dalam kubur. (Baca: Hukum Orang Muslim yang Tinggalkan Shalat Secara Sengaja)

Adapun 5 siksaan yang akan diperoleh oleh mereka yang melalaikan shalat ketika di dunia adalah pertama; Allah akan menghilangkan keberkahan umurnya, kedua; dihilangkan raut kesalehan pada wajahnya, ketiga; setiap perbuatan baik yang ia kerjakan tidak akan diberi pahala, keempat; setiap doa yang ia panjatkan tidak akan dikabulkan, kelima; jika ada orang lain mendoakan kebaikan untknya, maka Allah tidak akan mengabulkannya.

Adapun 3 siksa yang akan didapatkannya ketika sakaratul maut adalah; pertama; ia akan dimatikan oleh Allah dalam keadaan hina, kedua: ia akan mati dalam keadaan sangat kelaparan, ketiga; ia akan mati dalam keadaan sangat kehausan. Seandainya diminumkan kepadanya seluruh air di dunia kepadanya, maka semua itu tidak akan bisa menghilangkan rasa hausnya.

Adapun siksa yang akan didapatkan oleh mereka ketika berada di dalam kubur adalah; pertama; kuburnya akan disempitkan sehingga meremukkan tulang-belulangnya. Kedua; kobaran api akan menyala di dalam kuburnya siang dan malam, sementara ia akan terombang-ambing di dalamnya. Ketiga; ular akan menemaninya di dalam kubur dan siap menyiksanya sampai hari kiamat datang. Ular tersebut memiliki mata yang terbuat dari api, kuku yang terbuat dari besi, dan memiliki suara layaknya suara gemuruh yang menggelegar.

Baca Juga :  Mengingkari Kewajiban Shalat Tidak Boleh Dibunuh

Ular itu akan berkata, “Aku diperintahkan oleh Allah untuk memukul engkau karena telah melalaikan shalat Subuh hingga terbitnya matahari. Allah memerintahkanku untuk memukul engkau yang melalaikan shalat Zuhur hingga masuk watu Ashar. Allah memerintahkanku untuk memukul engkau yang melalaikan shalat Ashar hingga masuk waktu Maghrib. Allah memerintahkanku untuk memukul engkau yang melalaikan shalat Maghrib sampai masuk shalat Isya. Allah memerintahkanku untuk memukul engkau yang melalaikan shalat Isya sampai masuk shalat shubuh”.

Adapun siksa yang akan didapatkan bagi orang yang melalaikan shalat ketika telah keluar dari dalam kubur adalah; pertama; Allah akan memberatkan hisabnya, kedua; dia akan mendapatkan kemarahan Allah, ketiga; Allah akan mencampakkannya ke dalam api neraka.

Itulah 15 siksa yang akan diberikan oleh Allah terhadap orang-orang yang suka melalaikan shalatnya. Semoga kita termasuk dari orang-orang yang senantiasa menjaga shalat kita dan terhindar dari siksa-siksa tersebut. Amiin ya Rabbal ‘Alamiin..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here