Ini Tiga Orang yang Dijauhi Rasulullah di Hari Kiamat

0
2970

BincangSyariah.Com – Rasulullah saw. merupakan Nabi yang diberikan oleh Allah keistimewaan memiliki syafaat untuk menolong umatnya yang tidak dimiliki nabi dan rasul selain beliau. Sebagai umatnya, tentu kita berharap bisa mendapatkan syafaat dan berada dekat dengan Rasulullah saw. di hari Kiamat nanti. Menurut hadis riwayat Jabir bin ‘Abdillah, Rasulullah pernah menyampaikan demikian:

إن من أحبكم إلي، وأقربكم مني مجلسا يوم القيامة، أحاسنكم أخلاقا

“Orang di antara kalian yang paling aku cintai dan mendapatkan tempat paling dekat denganku di hari kiamat nanti adalah Anda yang paling baik akhlaknya.”

Sementara itu, terdapat tiga orang dari umat Nabi yang dibenci Rasulullah saw. dan berjauhan jarak dengan beliau di hari kiamat sebagaimana lanjutan hadis riwayat Jabir di atas:

وإن أبغضكم إلي وأبعدكم مني مجلسا يوم القيامة الثرثارون، والمتشدقون والمتفيهقون

“Orang di antara kalian yang paling aku benci dan mendapat tempat yang jauh dariku adalah Anda yang banyak berbicara tidak bermanfaat, yang sering merendahkan orang lain, dan yang tidak mau kalah saat berbicara.”

Hadis ini mengingatkan pada kita sebagai umat Nabi bahwa ada tiga sifat yang dibenci Nabi saw. Ketiga sifat tersebut, sebagaimana hadis di atas, mengindikasikan kesombongan yang berkaitan dengan tutur kata.

Akhir-akhir ini kita melihat di media televisi maupun media sosial banyak di antara kita yang merasa paling benar dalam berpendapat. Yang lebih parah lagi, hal tersebut dipengaruhi dengan pilihan politik yang berbeda. Satu sama lain sesama umat Nabi Muhammad saling mengejek dan mengecilkan.

Oleh karena itu, hadis ini mengingatkan kita untuk saling menghargai dan mencintai sesama umat manusia. Setiap orang diberikan kelebihan dan memiliki kekurangan masing-masing. Bila kita sadar akan hal ini, tentu kita saling melengkapi, bukan malah saling mengkerdilkan satu sama lain.

Baca Juga :  Bolehkah Puasa Syawal Digabung dengan Puasa "Ayyamul Bidh"?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here