Ini Kisah Karamah Wanita yang Istiqamah Membaca Surah Al-Ikhlas di Bulan Rajab

0
1502

BincangSyariah.Com – Disebutkan dalam kitab Kanzun Najah bahwa bulan Rajab merupakan bulan yang utama dan nilai pahala ibadah di dalamnya sangatlah agung dan besar. Karena itu, kita sangat dituntut untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah kita kepada Allah di bulan Rajab ini, baik ibadah wajib maupun ibadah sunah. Di antara ibadah yang diperlu ditingkatkan kuantitas dan kualitasnya di bulan Rajab adalah membaca al-Quran, terutama surah al-Ikhlas.

Imam al-Ghazali dalam kitabnya Mukasyafatul Qulub dan Syaikh Utsman bin Hasan al-Khaubari dalam kitabnya Durratun Nasishin, mencantumkan sebuah kisah seorang perempuan yang mendapatkan karamah dari Allah berkat keistiqamahannya membaca surah al-Ikhlas di bulan Rajab. Bentuk karamahnya adalah perempuan tersebut diangkat oleh Allah dari kuburannya disebabkan ia setelah meninggal dunia.

Dikisahkan bahwa ada seorang perempuan yang rajin beribadah kepada Allah di Baitul Maqdis. Setiap bulan Rajab tiba, dia selalu membaca surah al-Ikhlas setiap hari sebanyak dua belasribu kali (12.000). Selain itu, pada setiap bulan Rajab dia selalu mengenakan pakaian yang terbuat dari bulu kambing ( kain wol).

Pada suatu hari, dia mengalami sakit keras dan berwasiat pada anak laki-lakinya agar ketika meninggal dia dikubur bersama pakaiannnya yang terbuat dari bulu kambing tersebut dan selalu dia gunakan setiap bulan Rajab.

Dan ketika perempuan tersebut meninggal, anak laki-lakinya mengafani jenazahnya dengan kain dan pakaian yang mahal, bukan dengan pakaian yang dia biasa gunakan di bulan Rajab yang terbuat dari bulu kambing.

Syahdan, pada suatau malam, anak laki-lakinya tersebut bermimpi melihat ibunya berkata padanya, ‘Wahai anakku, aku tidak ridha kepadamu, karena kamu tidak melaksanakan wasiatku.’

Bermimpi demikian, maka dia kaget dan terbangun dari tidurnya. Kemudian dia segera dan bergegas mengambil pakaian wol ibunya untuk dia kubur bersama ibunya.

Baca Juga :  Apakah Menyambut Bulan Rajab Disunahkan Menyembelih Hewan?

Dengan segera, dia berangkat ke tempat kuburan ibunya dan menggali kembali kuburannya. Namun dia malah kaget karena tidak mendapati jenazah ibunya di dalam kuburan tersebut. Melihat kenyataan ini, dia bingung sekali. Namun tiba-tiba dia mendengar suara yang berkata, ‘Tidakkah engkau tahu, bahwa barangsiapa taat dan beribadah kepada kami di bulan Rajab, maka dia tidak akan kami tinggalkan sendirian di dalam kuburnya.’

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here