Ini Kesempurnaan Islam yang Nyata

0
384

BincangSyariah.Com –Untuk mengenali seseorang yang beragama Islam adalah cukup gampang, sebab keterangan agama sudah terukir dalam KTP seseorang tersebut. Apakah cukup  dengan pernyataan dalam KTP tersebut seseorang sudah bisa mencapai kesempurnaan Islam yang nyata? Islam yang dibangun atas lima rukun Islam tentunya harus tertunaikan.

Salah satu rukun Islam yang susah susah gampang untuk ditunaikan adalah zakat. Untuk makan keluarga sehari-hari saja masih mencari ke sana-kemari, bagaimana bisa untuk membayar zakat? Atau terlanjur menikmati dan menyayangi harta limpahnya setelah bekerja keras sehingga merasa berat untuk mengeluarkan zakat hartanya

Sabda Rasulullah mengingatkan bahwa kesempurnaan Islam umatnya bisa terlihat nyata saat ia mau mengeluarkan zakat. Dalam kitab Taghrib wa Tarhib, Abdullah bin As’ad Al Yafi’i menerangkan jika hadis Nabi di bawah ini bisa dijadikan motivasi agar tidak meninggalkan zakat hartanya. Hadis tersebut adalah:

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إن تمام اسلامكم أن تؤدوا زكاة أموالكم

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, seseungguhnya kesempurnaan Islam kalian adala sebab kalian mengeluarkan zakar harta kalian

Hadis yang merangsang setiap pembacanya untuk tidak meninggalkan zakat hartanya. Di mana Rasululah menyebutnya dengan kesempurnaan Islam dimiliki oleh kalian yang mengeluarkan zakat hartanya. Nabi bersabda seperti itu bukan bermaksud untuk membagikan harta atau hasil jerih payah kerjanya kepada seseoramg dengan begitu saja, melainkan untuk membersihkan dan mensucikan orang dah hartanya tersebut. Senada dengan firman Allah dalam QS At taubah ayat 103:

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا

Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat tersebut engkau membersihkan dan mensucikan mereka

Sebagian orang menganggap ini adalah rukun yang sulit dalam dunia Islam. Bagaimana tidak, seseorang tersebut bekerja siang dan malam agar bisa memiliki harta yang cukup untuk berbagai kebutuhan dan keinginan. Namun sisi lain dengan gampangnya seseorang untuk menerima zakatnya tanpa merasakan beratnya bekerja banting tulang.

Baca Juga :  Assalamualaikum, 2019

Perlu diketahui sebelumnya bahwa aturan zakat tersebut adalah ajaran agama yang pasti dan telah diketahui secara umum. Sebab itulah Rasululah menyebutnya dengan kesempurnaan Islam dimiliki oleh seseorang yang mau mengeluarkan zakat hartanya. Barangsiapa yang mengingkari ajaran zakat tersebut, secara tidak langusng ia mengingkari Allah dan Rasul-Nya.

Zakat harta tersebut bisa meliputi dua garis sekaligus, yaitu garis vertikal dan horizontal. Terbilang vertikal sebab menjalani apa yang diperintahkan Allah dan bernilai ibadah tentunya. Sebuah penghambaan diri kepada Allah yang telah memberikan kenikmatan hidup dan memberikan harta.

Namun juga terbilang dengan horizontal dalam tinjauan sosial. Zakat harta bisa membantu orang yang berkekurangan dalam harta. Kesempurnaan Islam inilah yang disebutkan Rasulullah dalam hadisnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here