Ini Jadwal Imsakiyah Ramadan 2020 Lengkap se-Indonesia

0
2552

BincangSyariah.Com – Kementerian Agama Republik Indonesia beberapa saat yang lalu telah melakukan Sidang Isbat Awal Ramadan 1441 H/2020 dan memutuskan bahwa esok hari, 24 April 2020 ditetapkan sebagai awal puasa. Meski dalam suasana yang cukup berat, karena pada bulan Ramadan kali ini, kita tidak bisa menjalankan aneka ibadah yang biasa dilakukan di bulan Ramadan seperti shalat Tarawih dan shalat witir karena adanya aturan PSBB akibat pandemi Covid-19. Meskipun demikian, kita tetap melaksanakan puasa selama tidak ada keputusan dari tenaga kesehatan bahwa kita dinyatakan sakit, termasuk terjangkit Covid-19.

Seperti diketahui, puasa dilaksanakan sejak terbit fajar hingga tenggelamnya matahari. Salah satu kesunahan yang bisa dilakukan adalah makan sahur, yang dilakukan di waktu malam. Secara bahasa, sahuur memang berarti akhir malam yang sudah dekat dengan waktu subuh. Karena itu, disebutkan dalam satu riwayat bahwa jarak Nabi makan sahur dengan waktu kira-kira hanya selama seseorang membaca 50 ayat.

Agar kita tidak terlupa atau tidak sempat bangun untuk melaksanakan sahur, maka kita harus mengetahui waktu-waktu subuh dan waktu berbuka puasa (waktu maghrib) yang terdapat dalam Jadwal Imsakiyah. Ciri khas lain dari jadwal Imsakiyah adalah biasanya terdapat waktu Imsak. Biasanya, waktu Imsak ini waktunya 10 menit sebelum waktu subuh. (Lihat penjelasan tentang waktu Imsak disini).

Jadwal Imsakiyah kini dapat kita dapatkan baik yang biasanya disediakan di masjid-masjid maupun diakses dan diunduh di Internet. Berikut ini jadwal Imsakiyah untuk wilayah DKI Jakarta yang dirilis oleh Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Selain itu, Jadwal Imsakiyah Ramadan 2020 juga tersedia di situs Dirjen Bimas Islam, disana kita dapat mengakses jadwal untuk seluruh wilayah di Indonesia.

Baca Juga :  Amalan Baik yang Bisa Dilakukan di Awal Ramadan

Jadwal Imsakiyah Ramadan 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here