Ini 4 Golongan Orang yang Terhalang Dekat dengan Allah

1
31

BincangSyariah.Com – Hijab (penghalang) dalam ilmu tasawuf diartikan dengan ‘tabir yang menutupi pandangan atau penghilatan mata hati manusia dari mengingat Allah. Apabila hijab menyelimuti hati seseorang, maka hati akan menjadi buta dan kotor. Ketika hati buta dan gelap, tidak menutup kemungkinan dia akan tersesat dari jalan menuju Allah. Penyebab buta matahati seseorang adalah karena mengikuti hawa nafsu, dan kebodohannya. Imam Ar-Rifa’i dalam karyanya Halatu Ahli Al-Haqiqati Ma’allahi Ta’ala (juz 1 hlm. 92) menjelaskan golongan orang yang terhalang untuk dekat dengan Allah SWT.

Adapun golongan orang yang terhalang untuk dekat dengan Allah SWT. tersebut sebagai berikut:

واعلم أن الكفار محجوبون بظلمة الضلالة عن نور الهدى

Ketahuilah! Orang-orang yang tak beriman pada Tuhan itu terhijab (terhalang) dari cahaya petunjuk, karena sebab gelapnya kesesatan.

وأهل المعصية محجوبون بظلمة الغفلة عن أنور التقوى

Dan Orang yang bermaksiat terhijab (terhalang) dari cahaya takwa, karena gelapnya kelalaian.

وأهل الطاعة محجوبون بظلمة رؤية الطاعة عن أنوار رؤية التوفيق وعناية المولى

Dan Orang yang taat terhijab (terhalang) dari cahaya melihat taufik dan pertolongan Tuhan (Allah SWT), karena sebab gelapnya melihat ketaatan.

Orang-orang yang tak beriman kepada Allah itu akan terhalang dari cahaya hidayah untuk dekat dengan-Nya, karena gelapnya kesesatan yang mereka lalukan. Ahli maksiat terhalang dari cahaya untuk melaksanakan perintah Allah SWT, dan menjauhi larangan-Nya, disebabkan gelapnya kelalaian yang mereka lakukan.

Sedangkah orang yang taat kepada Allah terhalang untuk melihat cahaya hidayah dan pertolongan-Nya, karena gelapnya melihat ketaatan yang mereka lakukan.

Imam Ar-Rifa’i menguraikan tentang hijab (penghalang) dan penglihatan hati. Beliau membagi atas 4 golongan diantara:

اعلم أن الناس أربعة أصناف

Ketahuilah! Manusia itu sungguh terbagi menjadi empat golongan :

١- رجل جعل الله قلبه بصيراً ينظر بنور اليقين إلى لطائف صنعه وكمال قدرته

Pertama, seorang lelaki yang Allah jadikan hatinya dapat merasakan kehadiran Allah SWT. Hati tersebut melihat kepada berbagai kelembutan perbuatan Allah SWT dan kesempurnaan kekuasaan-Nya.

٢- ورجل جعل الله عقله بصيراً ينظر بنور الفطنة إلى الوعد والوعيد

Kedua, seorang lelaki yang Allah jadikan akalnya dapat mencerna. Akal tersebut melihat kepada janji dan ancaman (Allah SWT) dengan cahaya kecerdasannya.

٣- ورجل جعل الله سره بصيراً ينظر في كل الأوقات بنور المعرفة إلى الله تعالى

Ketiga, seorang lelaki yang Allah jadikan lubuk hatinya melihat Allah SWT. Lubuk hatinya itu selalu melihat Allah SWT setiap waktu dengan cahaya makrifatnya.

٤- ورجل جعله الله مكفوفاً لا يبصر شيئاً، فهو مظهر قوله تعالى  وَمَنْ كَانَ فِي هَذِهِ أَعْمَى فَهُوَ فِي الآخِرَةِ أَعْمَى وَأَضَلُّ سَبِيلا

Keempat, seorang lelaki yang Allah SWT jadikan buta tidak dapat melihat sesuatu. Dia merupakan indikasi Firman Allah SWT. “Barangsiapa yang buta di dunia ini, niscaya di akhirat kelak ia pun akan buta dan sesat jalannya.”

Wallahu  A’lam Bissawab.

Celengan Pemuda Tersesat
Celengan Pemuda Tersesat
100%

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here