Indahnya Membangun Mahligai Rumah Tangga

0
42

BincangSyariah.Com – Keindahan membangun mahligai rumah tangga kerap menjadi alasan mengapa banyak orang memutuskan untuk menikah. Mengapa Islam mensyariatkan pernikahan?

Pertama, dalam menempuh proses dalam kehidupannya, seseorang memerlukan pendamping sebagai tempat mencurahkan suka dan duka. Kedua, hidup berpasangan atau menikah adalah kebijaksanaan Allah Swt. terhadap seluruh makhluknya. Hal tersebut ada dalam Q.S.adz-Dzaariyaat (51:49) dan Q.S. Yasin (36:36).

Ketiga, menikah adalah fitrah. Oleh karena itu, Islam melarang keras hidup yang bertentangan dengan fitrah manusia. Hal tersebut tercantum dalam Q.S.ar-Rum (30:21). Keempat, kendali untuk tidak menuruti hawa nafsu bagi manusia. Hal tersebut tercantum Q.S. al-Baqarah (2:233).

Semua orang tentu berharap meraih kesuksesan atau kemenangan. Kesuksesan atau kemenangan tersebut bisa berbentuk keindahan dalam membangun mahligai rumah tangga. Menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah. (Baca: Doa Mohon Ketentraman dalam Rumah Tangga)

Dalam ajaran agama Islam, seorang manusia akan hidup dalam dua alam. Alam tersebut yaitu dunia dan akhirat. Kemenangan di akhirat dan kemenangan di dunia merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan. Ibarat dua sisi mata uang, tidak akan bermakna apabila salah satu sisinya hilang.

Allah Swt. berfirman dalam Qur’an Surat Al-Isra Ayat 72 sebagai berikut:

وَمَن كَانَ فِى هَٰذِهِۦٓ أَعْمَىٰ فَهُوَ فِى ٱلْءَاخِرَةِ أَعْمَىٰ وَأَضَلُّ سَبِيلًا

Wa mang kāna fī hāżihī a’mā fa huwa fil-ākhirati a’mā wa aḍallu sabīlā

Artinya: “Dan barangsiapa yang buta (hatinya) di dunia ini, niscaya di akhirat (nanti) ia akan lebih buta (pula) dan lebih tersesat dari jalan (yang benar).”

Kesuksesan atau kemenangan dalam membangun mahligai rumah tangga bukan satu hal yang tiba-tiba, tapi merupakan sebuah pencapaian yang memerlukan perencanaan matang. Perencanaan yang matang tersebut sangat dipengaruhi oleh sejauh mana ketersediaan informasi dalam menyiapkan prediksi ke depan.

Baca Juga :  Cara Mewujudkan Keluarga Sakinah dalam Keluarga Karir

Sementara itu, masa depan tanpa perencanaan dan ridha Allah Swt. merupakan sesuatu yang mustahil untuk bisa meraih kesuksesan. Untuk itu, seroang Muslim perlu mengkaji lebih jaug bagaimana harus mengatur diri agar mencapainya.

Sukses memiliki makna bahwa kita telah berpindah dari menjauhi Allah Swt. menjadi dekat dengan Allah Swt., berpindah dari kebodohan kepada ilmu pengetahuan, berpindah dari akhlak sayyiah menjadi akhlak mahmudah, dari malas beribadah menjadi giat ibadah dan sebagainya.

Sukses dalam berkeluarga bisa diartikan dengan menjalani kehidupan rumah tangga yang diliputi sakinah atau ketentraman jiwa, mawaddah atau rasa cinta dan rahmah atau kasih sayang. Allah Swt. berfirman dalam Qur’an Surat Ar-Rum Ayat 21:

وَمِنْ ءَايَٰتِهِۦٓ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَٰجًا لِّتَسْكُنُوٓا۟ إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Wa min āyātihī an khalaqa lakum min anfusikum azwājal litaskunū ilaihā wa ja’ala bainakum mawaddataw wa raḥmah, inna fī żālika la`āyātil liqaumiy yatafakkarụn

Artinya: “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.”

Sebebas-bebasnya manusia dalam bertindak di kehidupan dunia, seorang manusia tidak dapat melepaskan dirinya dari ketetapan Allah Swt. Seorang anak butuh kasih sayang ayah dan ibunya dalam suatu kumpulan yang disebut keluarga.

Keluarga yang sakinah akan membuat hati seorang anak tenang dan menjadi wadah bagi si anak untuk tumbuh dan berkembang menjadi manusia dewasa. Sebuah keinginan hakiki dari semua manusia yang normal. Mahligai rumah tangga yang indah akan mempermudah proses pendewasaan tersebut.[]

Baca Juga :  Diundang Resepsi Pernikahan, Apa Hukumnya Meneruskan Puasa Sunnah?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here