Hukum Perempuan Menyembelih Hewan

0
6903

BincangSyariah.Com – Selama ini kita jarang menjumpai perempuan menyembelih hewan, baik ayam, kambing atau sapi. Hampir semua sembelihan hewan dilakukan oleh laki-laki. Perempuan umumnya hanya diberi tugas untuk memasak daging hewan yang sudah disembelih. Dalam Islam, sebenarnya bagaimana hukum perempuan menyembelih hewan, apakah dianjurkan atau tidak?

Dalam Islam, perempuan memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk menyembelih hewan. Dia sama seperti laki-laki, boleh menyembelih hewan, baik ayam, kambing, atau lainnya. Sembelihan perempuan dinilai sah dan hasil sembelihannya halal dimakan.

Hanya saja jika masih ada laki-laki, maka lebih diutamakan sembelihan dilakukan laki-laki. Hal ini karena kadang saat menyembelih hewan dibutuhkan tenaga ekstra dan laki-laki secara fisik lebih kuat dibanding perempuan. Meski demikian, perempuan boleh menyembelih meskipun ada laki-laki dan hasil sembelihannya boleh dimakan.

Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Imam Nawawi dalam kitabnya Al Majmu berikut;

أولى الناس بالذكاة الرجل العاقل المسلم ثم المرأة المسلمة ثم الصبي المسلم ثم الكتابي ثم المجنون والسكران

Yang lebih utama untuk menyembelih hewan adalah laki-laki yang berakal dan Muslim, kemudian perempuan Muslimah, kemudian anak kecil yang Muslim, kemudian nonMuslim ahli kitab, orang gila dan orang mabuk.”

Selain itu, terdapat suatu hadis riwayat Imam Bukhari dari Sa’ad bin Mu’adz, dia berkata;

أَنَّ جَارِيَةَ لِكَعْبِ بْنِ مَالِك كاَنَتْ تَرْعَى غَنَمًا بِسَلْعِ فَأُصِيْبَتْ شَاٌة مِنْهَا فَأَدْرَكَتْهَا فَذَبَحَتْهَا بِحَجَرٍ فَسُئِلَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم فَقَالَ كُلُوْهَا

“Sesungguhnya budak wanita Ka’ab bin Malik menggembalakan kambingnya di daerah Sal’u. Tiba-tiba dia melihat ada kambingnya yang akan mati, kemudian dia sembelih dengan menggunakan batu. Nabi saw. ditanya tentang masalah tersebut. Nabi saw. menjawab, ‘Makanlah kambing tersebut.”

Baca Juga :  Kritik Hadis Pembakaran Kaum Zindiq Oleh Ali Bin Abi Thalib (II)

Berdasarkan hadis ini, perempuan boleh menyembelih hewan, terutama dalam kondisi sangat mendesak. Dan hasil sembelihan perempuan halal dan boleh dimakan.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here