Hukuman Bersetubuh di Bulan Ramadhan

0
1246

BincangSyariah.Com – Puasa merupakan rukun islam ketiga yang wajib dilaksanakan oleh setiap orang muslim balih aqil sehat. Selain makan dan minum yang dapat membatalkan puasa, yaitu melakukan hubungan seks di masa sedang melaksanakan ibadah puasa. Ini merupakan perbuatan yang dilarang oleh Islam. hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab al-Tadzhib.

والذي يفطر به الصائم عشرة أشياء. ما وصل عمدا إلى الجوف والرأس والحقنة في أحد السبيلين والقيء عمدا والوطء عمدا في الفرج والإنزال عن مباشرة والحيض والنفاس والجنون والردة.

Artinya: “sesuatu yang dapat menggugurkan puasa ada sepuluh macam, diantaranya: pertama dan kedua, memasukan sesuatu ke dalam tenggorokan dan kepada disengaja, ketiga, menyuntik salah satu diantara qubul dan dubur, keempat sengaja muntah-muntah, kelima, jimak dengan sengaja, keenam, keluar air (sebab onani), ketujuh. Haid, kedelapan nifas, kesembilan mendadak gila, kesepuluh murtad.”

Dari penjelasan diatas, maka himbauan kepada semua umat muslim di seluruh penjuru negeri, agar bisa melaksanakan ibadah puasa Ramadhan secara khusu’ dan khidmat, serta menjauhi larangan-larang yang dapat menciderai keutuhan

Adapun hukuman  bagi seseorang yang melakukan hubungan seks di siang hari bulan puasa, ditegaskan oleh Abu Syuja’ sebagai berikut.

ومن وطئ في نهار رمضاا عامدا في الفرج فعليه القضاء والكفارة، وهي: عتق رقبة مؤمنة، فإن لم تجد فصيام شهرين متتابعين، فإن لم تستطيع فإطعام ستين مسكينا لكل مسكين مد.

Artinya: “Barangsiapa yang berhubungan seks di siang hari pada bulan Ramadhan dengan disengaja, maka diwajibkan kepadanya untuk mengqadha’ puasa dan membayar kafat dengan: pertama, membebaskan seorang budak mu’min, apabila tidak menemukannya hendaknya berpuasa dua bulan berturut-turut, apabila tidak mampu atas itu maka memberi makan 60 orang miskin, takaran setiap satu orang adalah satu mud.”

Baca Juga :  Yang Boleh dan Tidak Boleh Saat Sudah Tunangan

Maka dari itu, hendaklah perbaiki dan memantapkan niat puasa serta melaksanakan anjuran-anjuran kesunahan dalam bulan Ramadhan, agar senantiasa mampu menahan diri dari segala yang membatalkan puasa, sehingga tidak tergoda oleh cantiknya istri sampai tiba waktu adzan maghrib. Wallahu a’lam.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here