Hukum Ziarah Kubur Ketika Hari Raya

0
2577

BincangSyariah.Com – Ziarah kubur dapat diartikan dari dua kata penyusunnya yakni ziarah yang artinya berkunjung dan kata kubur yang artinya pemakaman. Jadi ziarah kubur dapat diartikan sebagai suatu aktifitas mengunjungi makam dengan maksud tertentu, biasanya untuk mendoakan orang yang sudah meninggal.

Tidak ada dalil untuk melarang ziarah kubur. Rasulullah dan para shabat juga melakukah ziarah kubur pada zamannya. Sehingga agenda untuk ziarah kubur guna meningkatkan iman kita boleh dilakukan kapan saja.  Dari Abu Hurairah berkata:

( زَارَ النَّبِيُّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  قَبْرَ اُمِّهِ, فَبَكَي وَاَبْكَى مَنْ حَوْلَهُ (اَخْرَجَهُ مُسْلِمْ وَاْلحَكِيْم

Nabi Muhammad shallallahu alihi wasallam ziarah ke makam ibunya kemudian menangis lalu menangislah orang-orang sekitarnya. (H.R. Muslim [hadits ke 2256], dan al-Hakim [hadits ke 1390]). 

Bagi peziarah, amalan ini bisa membuahkan pelajaran berharga, yaitu mengingatkannya kepada kematian dan negeri akhirat. Dari ziarah kubur tersebut, kita memiliki keseimbangan antara semangat membangun kehidupan dunia dengantuntutan iman kepada hari akhir. Rasulullah bersabda:

كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُوْرِ فَزُوْرُوْهَا فَإِنَّهَا تُذَكِّرُكُمُ اْلآخِرَةَ

“Dahulu aku melarang kalian untuk berziarah kubur, tetapi sekarang berziarahlah karena hal itu akan mengingatkan kalian kepada akhirat.” (HR. Muslim, Tirmidzi dan Ibnu Mâjah)

Dengan ziarah kubur, seseorang akan semakin sadar bahwa hidupnya di dunia ini hanyalah sementara. Suatu hari nanti, pasti ia akan mati. Pasrah ketika gemerlapnya pakaian yang selama ini dikenakan, dilucuti satu persatu, diganti dengan beberapa lembar kain kafan yang “tidak seberapa” harganya. Kemudian jasadnya yang sudah tidak berdaya itu digotong, lalu dimasukkan ke dalam liang lahat yang sempit lagi menyesakkan. Tidak ada satu pun yang menyertai dirinya di dalam kubur kecuali hanya amalannya.

Baca Juga :  Harlah Muslimat NU Ke-73 Mendapat Dua Rekor Muri, Apa Saja?

Pada dasarnya, ziarah kubur bisa dilakukan kapan saja, pagi atau siang, senin atau jum’at, dan waktu-waktu lainnya. Begitupun dengan ziarah kubur pada hari raya Idul Fitri, tidak ada larangan secara khusus. Karena hikmah dari ziarah tersebut adalah mendoakan keluarga yang telah meninggal meningkatkan keimanan dengan mengingat mati. Diriwayatkan dari Abu Hurairah Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ زَارَ قَبْرَ أَبَوَيْهِ أَوْ أَحَدِهِمَا فِي كُلِّ جُمْعَةٍ مَرَّةً غَفَرَ اللهُ لَهُ وَكَانَ بَارًّا بِوَالِدَيْهِ

“Siapa ziarah ke makam kedua orang tuanya atau salah satunya pada setiap hari jum’at, Allah akan mengampuni dosa-dosanya dan mencatat sebagai bakti dia kepada orang tuanya”. (HR Hakim).

Ziarah kubur yang dilakukan saat hari raya merupakan magnet besar dalam praktek nilai sosial antar keluarga. Dimana mereka sengaja berkumpul untuk mendoakan dan menyambangi leluhur mereka. Fenomena tersebut menegaskan bhawa ziarah kubur secara sosiologis memiliki potensi yang besar untuk membangun silaturahmi dan reuni antar anggota keluarga.

Selain itu Rasul juga menyebutkan hikmah dari ziarah kubur tersebut dalam suatu hadits. “Pada awalnya aku melarang kalian untuk menziarahi kuburan, sekarang ziarahilah!, karena sesungguhnya ziarah kubur itu dapat melunakkan hati, mencucurkan air mata, mengingat akhirat, dan janganlah kalian mengatakan al hujr (perkataan mungkar)” (HR. Muslim, Ahmad, al Hakim, at Tirmidzi, Abu Dawud dan dishohihkan oleh Syaikh al Albani dalam Shohih al Jami’).

Dari berbagai penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa berziarah tidaklah dilarang dan tidak ada dalil yang melarang ziarah dilakukan saat hari raya. Oleh karena itu ziarah pada hari raya boleh saja dilakukan asal tujuannya baik dan memenuhi tatacara serta adab ziarah sesuai syariat.

Baca Juga :  Ibnu Sina dan Ziarah Kubur

 



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here