Hukum Transaksi Jual Beli dengan Mesin, Apakah Boleh?

0
1116

BincangSyariah.Com – Pada umumnya, ketika kita melakukan transaksi jual beli, kita membeli dan menerima barang langsung dari penjualnya. Namun saat ini kita sudah lumrah dan biasa melakukan transaksi jual beli lewat mesin, seperti membeli pulsa lewat mesin ATM, membeli minuman lewan mesin minuman, dan lainnya. Sebenarnya, bagaimana hukum transaksi dengan mesin, apakah boleh dan dihukumi sah?

Melakukan transaksi jual beli lewat mesin hukumnya diperbolehkan dan dihukumi sah selama memenuhi unsur dasar jual beli. Yang dimaksud unsur dasar jual beli adalah, 1) barang yang dijual diketahui oleh pembeli, 2) tidak ada unsur penipuan, 3) harga diketahui oleh pembeli sehingga dia tidak merasa dirugikan setelah melakukan transaksi.

Selain itu, melakukan transaksi dengan mesin ATM atau lainnya sudah lumrah dilakukan oleh masyarakat saat ini dan mereka percaya dengan transaksi seperti ini. Apalagi sekarang transaksi dengan mesin atau internet sudah di atur melalui undang-undang sehingga potensi adanya penipuan sangat kecil.

Disebutkan dalam kitab Sirajul  Wahhaj, Syaikh Muhammad al-Zuhri menyebutkan bahwa Imam Nawawi dan ulama Syafiiyah lainnya membolehkan transaksi tanpa akad selama hal tersebut sudah biasa dilakukan oleh masyarakat dan harga sudah diketahui oleh mereka. Syaikh Muhammad al-Zuhri berkata;

ومنه المعاطاة لكن المصنف وجماعة اختاروا الانعقاد بها في كل ما يعده الناس بيعا ولا بد من اسناد البيع الى المخاطب ومن ذكر الثمن

“Bagian dari transaksi jual beli yang tidak sah adalah jual beli tanpa akad. Akan tetapi mushannif (Imam Nawawi) dan sekolompok ulama memilih keabsahan transaksi tanpa akad dalam setiap hal yang sudah dinilai jual beli oleh masyarakat, dan harus menyandarkan jual beli pada pembeli dan harus menyebutkan harga.”

Baca Juga :  Petunjuk Nabi bagi Seorang Musafir di Bulan Ramadan

Dengan demikian, transaksi melalui mesin diperbolehkan dan dihukumi sah karena pada umumnya barang yang hendak dibeli sudah diketahui dan sudah disebutkan harga barangnya sehingga kemungkinan ada penipuan sangat kecil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here