Hukum Tadarus Menggunakan Pengeras Suara

5
5235

BincangSyariah.Com – Membaca Alquran merupakan ibadah yang memiliki banyak keutamaan. Di antaranya adalah membaca satu huruf Alquran akan mendapatkan sepuluh kebaikan. Keutamaan dan kebaikan membaca Alquran ini akan semakin berlipat manakala dibaca pada bulan Ramadan. Sehingga tidak heran apabila kaum muslim di bulan ini antusias sekali membaca Alquran, baik sendirian atau bersama-sama di masjid.

Membaca Alquran bersama-sama, terutama di bulan Ramadan, termasuk amal baik yang sangat dianjurkan. Imam al-Nawawi dalam kitab Attibyan mengatakan bahwa membaca Alquran bersama-sama hukumnya mustahabbah, sangat dianjurkan berdasarkan dalil yang jelas. Ulama salaf maupun khalaf telah mencontohkannya. Dalil yang dimaksud imam al-Nawawi adalah hadis riwayat imam Muslim dari Abu Hurairah;

 مَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلَّا نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمُ الْمَلائِكَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ

Dan tidaklah satu kaum berkumpul dalam satu rumah dari rumah-rumah Allah, mereka membaca kitab Allah (Alquran) dan saling mempelajarinya di antara mereka, kecuali ketenangan akan turun kepada mereka, kasih sayang akan menyelimuti mereka, malaikat akan menaungi mereka, dan Allah akan menyebutkan mereka di tengah makhluk yang ada di sisi-Nya.”

Di antara jenis membaca Alquran bersama-sama adalah idarah atau dikenal di Indonesia dengan tadarus. Dalam kitab Attibyan imam al-Nawawi membuat pasal khusus tentang tadarus Alquran dengan judul “Faslun fil Idarah bil Quran”, pasal tadarus Alquran.

Idarah adalah berkumpul untuk membaca Alquran secara bergantian, yakni seseorang membaca dan yang lain mendengarkan. Lalu setelah selesai membaca, kemudian yang mendengarkan gantian membaca, dan begitu seterusnya. Model seperti ini hukumnya boleh dan baik. Imam al-Nawawi menyebutnya jaiz hasanun, boleh dan baik, sedangkan imam Malik menyebutnya la ba’sa bihi, tidak masalah.

Baca Juga :  Menyikapi Maraknya Pengemis di Bulan Ramadan

Namun bagaimana hukum menggunakan pengeras suara pada saat tadarus di masjid atau lainnya?

Menurut imam al-Ghazali, menggunakan pengeras suara pada saat membaca Alquran atau tadarus hukumnya boleh selama tidak menimbulkan riya. Bahkan adakalanya menggunakan pengeras suara lebih utama karena dengan demikian bacaan Alquran tersebut dapat didengar orang lain.

فأن لم يخف الرياء فالجهر ورفع الصوت افضل لان العمل فيه اكثر ولان فائدته تتعدى الى غيره والمتعدي افضل من الازم

Apabila tidak khawatir riya, maka membaca dengan suara keras lebih utama karena perbuatan membaca dengan suara keras lebih banyak, dan faidahnya mengalir kepada orang lain. Amal ibadah yang manfaatnya dirasakan orang lain lebih utama daripada ibadah yang tidak dirasakan orang lain.”

Wallahu’alam.

5 KOMENTAR

  1. Apa dalil sohehnya dan izma,qaul ulama kiyas dan alqur an
    Karna menghukumi dg qur’an dan hadis doang tnpa izma dan qiyas saya kurang percaya.Trima kasih,maaf!
    Mohon pengarahan!

  2. Iya pakai speaker dan berbahasa arab, akan langsung terasa manfaatnya bagi umat yg paham bahasa arab, kalau di kampung2 indonesia orangnya ga paham bahasa arab, walau dibaca keras2 bolak balik tapi ga ada 1 pun arti yg nyangkut di kepala orang, ya mending baca pribadi masing2 sambil lihat terjemahannya

  3. Imam Malik meriwayatkan dalam al-Muwatha dari al-Bayadhi (yaitu Farwah bin Amru) bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar menemui manusia ketika mereka sedang shalat dan suara bacaan mereka keras, lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya orang shalat itu bermunajat (memohon) kepada Tuhannya, maka hendaklah dia melihat apa yang dimohonkannya, dan janganlah sebagian di antara kalian membaca al-Quran dengan keras di hadapan yang lain.” Abu Dawud juga meriwayatkan hadits yang senada dari Abu Sa’id al-Khudri radhiallahu ‘anhu.

    Read more https://konsultasisyariah.com/2718-membaca-al-quran-dengan-suara-keras-di-masjid.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here