Hukum Suami Istri Menceritakan Aib Pasangan

0
14

BincangSyariah.Com – Di dunia ini, tidak ada pasangan antara suami dan istri yang sempurna. Masing-masing dari suami dan istri pasti memiliki kekurangan dan aib sendiri-sendiri. Karena itu, baik suami maupun istri harus saling menjaga satu sama lain. Tapi ada pasangan yang suka menceritakan aib pasangan, tentu ini tidak baik.

Jika suami melihat kekurangan dan aib pada istrinya, maka sebisa mungkin ia tidak mengumbarnya dan menceritakannya kepada orang lain. Sebisa mungkin hanya dia yang tahu kekurangan dan aib dari istrinya.

Begitu juga dengan seorang istri, jika dia melihat kekurangan dan aib dari suaminya, maka sebisa mungkin dia tidak menceritakannya kepada orang lain, bahkan kepada keluarganya sekalipun. Sebisa mungkin hanya dia yang tahu kekurangan dan aib dari suaminya.

Hal ini karena dalam Islam, menceritakan aib pasangan sangat dilarang. Baik suami maupun istri sama-sama dilarang menceritakan aib pasangannya masing-masing. Menceritakan aib pasangan adalah perbuatan maksiat, dan kelak pelakunya ditempatkan di tempat yang paling buruk.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam Muslim berikut;

عن أَبي سَعِيدٍ الْخُدْرِيّ قال : قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِنَّ مِنْ أَشَرِّ النَّاسِ عِنْدَ اللهِ مَنْزِلَةً يَوْمَ الْقِيَامَةِ ، الرَّجُلَ يُفْضِي إِلَى امْرَأَتِهِ ، وَتُفْضِي إِلَيْهِ ، ثُمَّ يَنْشُرُ سِرَّهَا

Dari Abu Sa’id Al-Khudri, dia berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda; Sesungguhnya manusia yang paling jelek kedudukannya di sisi Allah pada hari kiamat ialah seorang suami yang menyetubuhi istrinya dan istri bersetubuh dengan suaminya, kemudian suami menyebarkan rahasia istrinya.

Bahkan dalam sebuah hadis disebutkan bahwa menceritakan aib pasangan merupakan bentuk pengkhianatan paling besar. Hal ini karena suami dan istri memikul beban amanah untuk tidak menceritakan aib pasangannya masing-masing. Dan jika hal itu dilanggar, maka itu termasuk pelanggaran dan pengkhianatan paling besar.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam Muslim, bahwa Nabi Saw bersabda;

إِنَّ مِنْ أَعْظَمِ الْأَمَانَةِ عِنْدَ اللهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، الرَّجُلَ يُفْضِي إِلَى امْرَأَتِهِ، وَتُفْضِي إِلَيْهِ، ثُمَّ يَنْشُرُ سِرَّهَا

Sesungguhnya termasuk (pelanggaran) amanah terbesar di sisi Allah pada hari kiamat adalah seorang lelaki yang menyetubuhi istrinya dan istri bersetubuh dengan suaminya, lalu dia menyebarkan rahasianya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here