Hukum Olahraga Tinju dalam Islam

0
93

BincangSyariah.Com – Di antara olahraga yang digemari oleh banyak orang di seluruh dunia adalah tinju. Tinju adalah olahraga dan seni bela diri antara dua orang dengan saling pukul satu sama lain. Sebenarnya, bagaimana hukum olahraga tinju dalam Islam, apakah boleh? (Baca: Kisah Rasulullah Berolahraga Gulat)

Menurut para ulama, olahraga tinju dan olahraga lainnya yang membahayakan, seperti sirkus, pertarungan taekwondo dan lainnya, hukumnya halal dan boleh selama dilakukan oleh petinju dan atlet yang sudah profesional dan diyakini keselamatannya.

Begitu juga boleh menyaksikan dan menonton pertandingan tinju dan pertandingan olahraga lainnya. Selama dilakukan oleh atlet profesianal, tidak masalah menonton dan menyaksikan pertandingannya, baik langsung maupun lewat televisi dan lainnya.

Hal ini sebagaimana disebutkan Al-Bujairimi ala Al-Khatib berikut;

يحل اصطياد الحية من الحاذق في صنعته غلب على ظنه سلامته منها..ويؤخذ من كلامه أيضا حل أنواع اللعب الخطرة من الحاذق بها أي كالبهلوان حيث غلب على ظنه سلامته وإذا مات يموت شهيدا ويحل التفرج عليه حيث جازت وإلا فلا.

Halal memburu ular bagi yang sudah profesianal di bidang itu dan dalam dugaannya dia akan selamat dari ular tersebut. Berdasarkan itu, maka diambil kesimpulan bahwa halal juga berbagai macam bentuk permainan yang berbahaya dari atlet yang sudah profesional. Misalnya, permaian sirkus sekiranya dia sudah menduga bahwa dia akan selamat, dan jika dia mati maka dia mati syahid. Halal menontonnya sekiranya boleh. Jika permainannya tidak boleh, maka tidak boleh menontonnya.

Menurut Syaikh Al-Bajuri, pertandingan yang membahayakan, seperti sirkus, tinju, taekwondo dan lainnya, hukumnya tergantung pada kemungkinan akibatnya. Jika kemungkinan akibatnya tidak selamat, maka hukumnya harama. Namun jika kemungkinan selamat, maka hukumnya boleh dan halal.

Baca Juga :  Hukum Mengedarkan Kotak Amal Masjid Ketika Khutbah Jumat

Dalam kitab Hasyiatul Bajuri, beliau berkata sebagai berikut;

وكذا لعب البهلوان المشهور وكل أنواع اللعب الخطرة فتحرم ان لم تغلب السلامة وتحل ان غلبت السلامة

Begitu juga permainan sirkus yang sudah masyhur dan semua bentuk permainan yang membahayakan. Maka haram jika tidak kemungkinan tidak selamat, dan halal jika kemungkinan selamat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here