Hukum Nonton Sabung Ayam, Apakah Ikut Berdosa?

0
54

BincangSyariah.Com – Sudah maklum bahwa mengadu ayam atau hewan lainnya tidak diperbolehkan dalam Islam. Selain karena menyakiti hewan, juga perbuatan tersebut tidak mendatangkan manfaat apapun. Namun bagaimana jika hanya menonton dan menyaksikan ayam yang sedang diadu untuk tujuan hiburan, apakah ikut berdosa?

Mengadu ayam atau hewan lainnya, seperti kambing, jangkrik, tidak diperbolehkan dalam Islam. Mengadu ayam termasuk perbuatan idza’ atau menyakiti yang tidak dibenarkan. Karena itu, Nabi Saw melarang perbuatan mengadu hewan, termasuk ayam.

Ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam Abu Daud dan Imam Al-Tirmidzi dari Ibnu Abbas, dia berkata;

نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ التَّحْرِيشِ بَيْنَ الْبَهَائِمِ

Rasulullah Saw melarang mengadu antar sesama binatang.

Dalam kitab Nailul Authar, Imam Al-Syaukani mengatakan bahwa alasan pelarangan mengadu antar sesama hewan ini karena hal tersebut menyakiti hewan dan membuatnya tersiksa tanpa mendatangkan manfaat apapun. Beliau berkata sebagai berikut;

ووجه النهي أنه إيلام للحيوانات وإتعاب لها بدون فائدة بل مجرد عبث

Alasan pelarangannya adalah karena mengadu membuat hewan tersakiti dan membuatnya tersiksa tanpa mendatangkan manfaat apa-apa, selain hanya main-main.

Karena mengadu ayam dan hewan lainnya termasuk perbuatan dosa dan mungkar, maka seseorang tidak boleh menonton dan menyaksikannya dengan tujuan hiburan. Jika sengaja menonton dan menyaksikannya, maka dia ikut berdosa.

Sebaliknya, jika dia mampu dan tidak membahayakan dirinya, maka dia berusaha melarang dengan baik kepada orang yang sedang mengadu ayam agar segera berhenti. Namun jika tidak mampu, maka dia harus menghindar dan tidak ikut menontonnya.

Menurut para ulama, mengadu ayam dan hewan lainnya hukumnya berdosa. Begitu juga berdosa orang yang menonton dan menyaksikannya. Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Tuhfatul Muhtaj berikut;

Baca Juga :  Trading di Black Market dalam Islam

ويحرم كما قال الحليمي التحريش بين الديوك، والكلاب، وترقيص القرود، ونطاح الكباش والتفرج على هذه الأشياء المحرمة واللعب بالصور، وجمع الناس عليها

Dan haram, sebagaimana dikatakan oleh Imam Al-Hulaimi, mengadu antar sesama ayam, anjing, membuat monyet menari, menanduk kambung dan menonton atas hal-hal yang diharamkan ini, main gambar, dan mengumpulkan orang untuk itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here