Hukum Meracun Tikus dalam Islam

0
675

BincangSyariah.Com – Dalam Islam, tikus termasuk hewan yang boleh dibunuh. Selain karena menyebalkan, tikus juga tak jarang merusak barang-barang dalam rumah. Karena itu, tak heran tikus banyak diincar untuk dibasmi, salah satunya dengan menggunakan racun. Sebenarnya, bagaimana hukum meracun tikus dalam Islam?

Meracuni tikus dalam Islam hukumnya diperbolehkan. Tidak masalah membunuh tikus dengan cara diracun. Selama diracun itu lebih bisa mempercepat kematian tikus, dan lebih sedikit menimbulkan sakit, maka hukumnya boleh. (Baca: Hukum Racun Tikus, Suci Atau Najis?)

Dalam kitab Mirqatul Mafatih, Syaikh Ali bin Sulthan Muhammad Al-Qari mengatakan bahwa cara terbaik membunuh hewan, termasuk tikus, adalah memilih cara dan alat yang paling mudah dan lebih sedikit menimbulkan rasa sakit. Untuk saat ini, racun merupakan alat paling mudah dan paling sedikit menimbulkan rasa sakit. Beliau berkata sebagai berikut;

وَالْإِحْسَانُ فِيْهَا : اِخْتِيَارُ أَسْهُلِ الطُّرُقِ وَأَقَلِّهَا إِيْلَامًا

Berbuat ihsan pada hewan adalah memilih cara yang paling mudah dan paling sedikit atau paling ringan menimbulkan rasa sakit.

Selain itu, Imam Al-Suyuthi dalam kitab Al-Rahman membenarkan cara mengusir dan membunuh tikus dengan cara diracun. Menurut beliau, ada tiga cara untuk mengusir tikus. Pertama, dengan cara membakar kotoran srigala di tempat lumbung tikus. Kedua, membakar warangan kuning setiap malam Jumat. Ketiga, meracun tikus dengan serbuk besi yang dicampur dengan tepung atau roti, atau dengan minyak samin yang dicampur dengan roti.

Beliau berkata sebagai berikut;

لطرد الفأر تأخذ زبل الذئب وتبخر به المكان فانهم ينفرون من رائحته تبخر في كل جمعة بالزرنيخ الاصفر فانهم ينقطعون باذن الله تعالي تأخذ من برادة الحديد وتخلطه مع الدقيق او مع خبز او خبز بسمين ويضعه في مكان الفيران فان من اكل منه يموت باذن الله تعالي

Baca Juga :  Tafsir Surat al-Maidah Ayat 51: Perspektif Rashid Rida Hingga al-Tantawi

Untuk mengusir tikus adalah hendaknya kamu kotoran srigala kemudian dibakar di tempat tikus, maka tikus akan lari karena baunya. setiap jum’at bakar warangan kuning maka tikus akan pergi atas izin Allah.Kamu setiap Jumat bakar warangan kuning, maka tikus akan pergi atas izin Allah. Kamu mengambil serbuk kikiran besi campur dengan tepung atau roti atau roti dengan minyak samin dan letakkan di tempat yang banyak tikusnya, maka tikus yang memakannya akan mati dengan izin Allah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here