Hukum Menyiapkan Galian Kuburan untuk Diri Sendiri

0
23

BincangSyariah.Com – Terdapat sebagian orang yang sudah menyiapkan kuburan dirinya sendiri. Bahkan ia menggali sendiri kuburan tersebut. Dalam Islam, bagaimana hukum menyiapkan galian kuburan untuk diri sendiri, apakah dianjurkan?

Menurut kebanyakan para ulama, mempersiapkan galian kuburuan untuk diri sendiri hukumnya diperbolehkan. Tidak masalah bagi seseorang menyiapkan galian kuburan untuk dirinya sendiri, baik di kawasan kuburan umum maupun di tanah milik diri sendiri.

Menurut sebagian ulama Syafiiyah, menyiapkan galian kuburan untuk diri sendiri bukan hanya dibolehkan, namun juga disunnahkan serta dianjurkan. Hanya saja, jika kuburan yang dipersiapkan tersebut berada di kawasan kuburan umum, maka boleh ditempati oleh orang lain yang mati duluan. Namun jika berada di tanah milik diri sendiri, bukan berada di kawasan kuburan umum, maka orang lain tidak berhak dikuburkan di galian kuburan tersebut kecuali mendapatkan izin dari pemiliknya.

Ini sebagaimana telah disebutkan dalam kitab Hasyiah Al-Syarwani ‘ala Al-Tuhfah berikut;

وقال شيخنا ويكره اتخاذ الكفن إلا من حل أو من أثر صالح بخلاف القبر فإنه يسن اتخاذه.. ولا يكره أن يعد لنفسه قبرا يدفن فيه قال العبادي : ولا يصير أحق به ما دام حيا

Guru kami berkata; Makruh mempersiapkan kain kafan kecuali berasal dari yang halal dan dari bekas orang shaleh. Ini berbeda dengan mempersiapkan kuburan, maka disunnahkan untuk mempersiapkannya. Tidak makruh mempersiapkan kuburan untuk diri sendiri. Al-Ubbadi berkata; Namun ia tidak lebih berhak dikubur di kuburan tersebut selama ia masih hidup. (Baca: Kisah Jenazah Membaca Alquran di dalam Kubur)

Mengenai mempersiapkan kuburan untuk diri sendiri ini, banyak di antara para yang telah melakukkannya. Mereka mempersiapkan kuburan mereka sendiri, bahkan kuburan tersebut digali sendiri oleh mereka. Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Fathul Bari Syarh Shahih Al-Bukhari berikut;

Baca Juga :  Doa Merupakan Sarana Mendekatkan Diri Kepada Allah

ﻭﻗﺎﻝ ﺑﻦ ﺑﻄﺎﻝ ﻓﻴﻪ جواز إعداد الشيء قبل الحاجة إليه ، وقد حفر قوم من الصالحين قبورهم بأيديهم

Ibnu Baththal berkata; Di dalam hadis tersebut terkandung hukum kebolehan menyiapkan sesuatu sebelum sesuatu tersebut dibutuhkan. Banyak di antara para ulama yang shaleh menggali sendiri kuburan mereka sendiri dengan tangan-tangan mereka sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here