Hukum Menjawab Salam dari Non-Muslim

0
2698

BincangSyariah.Com – Dalam acara seminar atau lainnya, kadang yang menjadi pembicaranya adalah tokoh dari non-Muslim. Dan umumnya, mereka memulainya dengan mengucapkan salam kepada para hadirin. Bagaimana hukum menjawab salam dari non-Muslim tersebut, apakah wajib sebagaimana wajibnya menjawab salam dari orang Muslim?

Menjawab salam dari non-Muslim hukumnya adalah wajib. Kita wajib menjawab salam meskipun disampaikan oleh non-Muslim, baik salam tersebut disampaikan di suatu acara atau saat kita bertemu dengan mereka.  Adapun cara menjawab salam dari non-Muslim ada dua bentuk.

Pertama, menjawab dengan  kalimat “Wa ‘alaikas salam atau wa ‘alaikum salam.” Ini kalimat salam paling sempurna untuk menjawab salam dari non-Muslim dan tidak boleh ditambah dengan kalimat “Wa rohmatullahi wa barokatuhu.”

Kedua, cukup menjawab dengan kalimat “Wa ‘alaikum” saja, tanpa tambahan kalimat “Assalam” dan lainnya.

Hal ini sebagaimana telah dijelaskan oleh Imam Almawardi dalam kitab Alhawi Alkabir berikut;

وَإِنْ كَانَ السَّلَامُ بَيْنَ مُسْلِمٍ وَكَافِرٍ فَضَرْبَانِ : أَحَدُهُمَا : أَنْ يَكُونَ الْكَافِرُ مُبْتَدِئًا بِالسَّلَامِ فَيَجِبُ عَلَى الْمُسْلِمِ رَدُّ سَلَامِهِ ، وَفِي صِفَةِ رَدِّهِ وَجْهَانِ : أَحَدُهُمَا : أَنْ يَرُدَّ عَلَيْهِ الْمُسْلِمُ فَيَقُولُ : وَعَلَيْكَ السَّلَامُ وَلَا يَزِيدُ عَلَيْهِ ” وَرَحْمَةُ اللَّهِ و بَرَكَاتُهُ .وَالْوَجْهُ الثَّانِي : أَنْ يَقْتَصِرَ فِي رَدِّهِ عَلَيْهِ بِقَوْلِهِ وَعَلَيْكَ

“Jika salam dilakukan antara orang Muslim dan non-Muslim, maka ada dua bentuk. Pertama, non-Muslim memulai salam terlebih dulu, maka wajib bagi orang Muslim menjawab salamnya. Dan cara menjawabnya ada dua model. Pertama, orang Muslim menjawab dengan mengucapkan kalimat “Wa ‘alaikas salam” dan tidak boleh ditambah dengan kalimat “Wa rohmatullahi wa barokatuhu.” Model kedua, cukup menjawab dengan kalimat “Wa ‘alaika.”

Dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik, dia berkata bahwa Nabi Saw. bersabda;

Baca Juga :  Empat Adab Mengucapkan Salam

اذَا سَلَّم عَلَيْكُمْ أهْلُ الكِتَابِ؛ فَقُولُوا: وَعَلَيْكُمْ

“Jika ahlul kitab mengucapkan salam kepada kalian, maka jawablah dengan ucapan ‘Wa ‘alaikum.’”

Hadis ini menjadi dalil kewajiban menjawab salam dari non-Muslim. Hal ini karena Nabi Saw. memerintahkan kepada para sahabat untuk menjawab salam dari ahli kitab (Yahudi dan Nasrani) dengan hanya mengatakan “Wa ‘alaikum.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here