Hukum Menjawab Salam dari Anak Kecil

0
1155

BincangSyariah.Com – Islam menganjurkan kepada umatnya untuk saling menebarkan salam di antara satu sama yang lain. Ini dimaksudkan agar tercipta kedamaian, ketentraman dan persaudaraan. Karena itu, ketika kita berjumpa dengan orang lain, kita disunnahkan mengucapkan salam terlebih dahulu. Jika orang lain mengucapkan salam terlebih dahulu kepada kita, maka kita wajib menjawab salamnya. Namun bagaimana jika anak kecil yang mengucapkan salam kepada kita, apakah kita wajib menjawabnya?

Pada dasarnya, menjawab salam dari orang lain hukumnya adalah wajib. Karena itu, jika kita tidak menjawab salam dari orang lain, maka kita berdosa. Sebaliknya, jika kita menjawabnya, maka kita mendapatkan pahala.

Namun demikian, para ulama berbeda pendapat terkait hukum menjawab salam dari anak kecil. Menurut ulama Malikiyah dan Syafiiyah, menjawab salam dari anak kecil tidak wajib. Hal ini karena anak kecil dinilai belum mukallaf sehingga belum memiliki kewajiban apapun, termasuk kewajiban menjawab salamnya.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah berikut;

واما جواب السلام من الصبي فغير واجب لعدم تكليفه كما ذكر المالكية والشافعية

Adapun menjawab salam dari anak kecil, maka tidak hukumnya tidak wajib karena tidak mukallaf. Ini sebagaimana dikatakan oleh ulama Malikiyah dan Syafiiyah.

Sementara itu, menurut Imam Nawawi, menjawab salam dari anak kecil tetap dihukumi wajib sebagaimana menjawab salam dari orang yang sudah mukallaf. Karena itu, jika ada anak kecil mengucapkan salam kepada kita, maka kita wajib menjawabnya. Jika kita tidak menjawabnya, maka kita mendapat dosa. Sebaliknya, jika kita menjawab salamnya, maka kita mendapat pahala.

Hal ini sebagaimana beliau katakan dalam kitab Al-Azkar berikut;

قلت : الصحيح من الوجهين وجوب رد السلام لقول الله تعالى : واذا حييتم بتحية فحيوا بأحسن منها اوردوها

Baca Juga :  Bercanda Sehat dan Larangan Bullying dalam Islam

Saya berkata (Imam Nawawi); Yang benar dari dua pendapat di atas adalah wajib menjawab salam dari anak kecil. Ini berdasarkan firman Allah, ‘Jika kalian diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari darinya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here