Hukum Menjadikan Cacing Sebagai Umpan Pancingan Ikan

0
20

BincangSyariah.Com – Kita sering menjumpai seseorang yang mancing ikan menggunakan cacing sebagai umpannya. Bahkan terkadang cacing yang dijadikan umpan tersebut masih dalam keadaan hidup. Sebenarnya, bagaimana hukum menjadikan cacing sebagai umpan pancingan ikan, apakah boleh?

Hukum menjadikan cacing, juga hewan serangga lainnya, sebagai umpan pancingan ikan hukumnya boleh. Tidak masalah menjadikan cacing ikan sebagai umpan ikan, dengan syarat perbuatan tersebut tidak sekedar abats atau main-main dan kesia-sian, melainkan untuk tujuan yang bermanfaat dan kemaslahatan. Misalnya, memancing agar bisa mendapatkan ikan untuk dimakan, dijual atau lainnya.

Bahkan menurut ulama Hanabilah, seseorang boleh membeli cacing untuk dijadikan umpan pancingan ikan. Selama bermanfaat, maka boleh membeli cacing dan menjadikannya sebagai umpan pancingan ikan.

Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah berikut;

وقال الحنابلة: بجواز بيع الديدان لصيد السمك

Ulama Hanabilah berpendapat mengenai kebolehan menjualbelikan cacikan untuk umpan ikan.

Namun jika hanya sekedar untuk main-main, misalnya memancing ikan hanya untuk sekedar hiburan, maka hukumnya tidak boleh menjadikan cacing dan hewan serangga lainnya sebagai umpan.

وَقَدْ ذَهَبَ الْحَنَفِيَّةُ وَالْمَالِكِيَّةُ إِلَى جَوَازِ قَتْل الْحَشَرَاتِ، لَكِنَّ الْمَالِكِيَّةَ شَرَطُوا لِجَوَازِ قَتْل الْحَشَرَاتِ الْمُؤْذِيَةِ أَنْ يَقْصِدَ الْقَاتِل بِالْقَتْل دَفْعَ الإْيذَاءِ لاَ الْعَبَثَ، وَإِلاَّ مُنِعَ حَتَّى الْفَوَاسِقُ الْخَمْسُ الَّتِي يُبَاحُ قَتْلُهَا فِي الْحِل وَالْحَرَمِ.

Artinya: 

Ulama mazhab Hanafi dan Maliki memperbolehkan mematikan serangga. Akan tetapi, ulama mazhab Maliki mensyaratkan saat mematikan serangga yang menyakiti itu si pelaku harus niat menghilangkan antupan serangga, bukan untuk bermain-main. Jika tidak niat demikian, maka mematikan serangga, sekalipun serangga 5 yang boleh dimatikan saat berada di tanah halal dan tanah haram.

100%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here