Hukum Meniup Air untuk Ruqyah

0
2475

BincangSyariah.Com – Orang yang meruqyah biasanya akan meniup air setelah membacakannya dengan doa atau ayat Alquran. Kemudian air itu diminumkan untuk orang yang sakit dengan harapan adanya kesembuhan melalui air yang disertai tiupan zikir atau ayat Alquran. Bagaimana hukumnya meniup air untuk ruqyah?

Syeikh Muhammad bin Ibrahim Alu mengatakan dalam Fatawa wa Rasail Samahatnya bahwa sebagian ulama menghukumi hal ini sunnah, sebagian lain berpendapat hal itu tidak mengapa dilakukan, alias mubah. Banyak nash-nash hadis maupun ucapan para ulama yang menjelaskan mengenai hukum permasalahan ini.

عن عائشة رضي اله عنه أن رسول الله كان إذا أخذ مضجعه نفث في يده بالمعوذات ومسح بهما جسده

Bahwasanya Rasulullah apabila kembali ke tempat tidurnya maka beliau meniup kepada kedua telapak tangannya setelah membaca Muawwizat (Surat al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Naas) kemudian beliau mengusapkan keduanya ke tubuh beliau.” (HR. Bukhari&Muslim)

Imam Nawawi menjelaskan bahwa hadis ini menunjukkan kesunnahan meniup dalam membaca ruqyah dan ulama sepakat akan kebolehannya. Sementara mayoritas sahabat dan tabiin memandangnya sebagai sebuah kesunnahan.

Dalam al-Adab al-Syar’iyyahnya Ibnu Maflah menceritakan suatu ketika Shalih anak dari Imam Ahmad pernah sakit. Lalu ayahnya mengambil sebuah bejana yang di dalamnya ada air, beliau lalu membacakan sesuatu lalu menyuruh Shalih untuk meminumnya dan membasuh wajah serta kedua tangannya.

Bahkan dalam salah satu riwayat Imam Ahmad berpendapat bahwa seseorang yang menuliskan Alquran lalu memasukkannya ke dalam bejana air kemudian kemudian diminumkan kepada orang sakit adalah tidak mengapa dilakukan.

Ibnu Qayyim dalam Zad al-Ma’ad menyebutkan terdapat hikmah dalam meniup usai membaca ayat Alquran dan zikir. Secara umum nafas sang pemberi ruqyah melawan nafas-nafas keburukan dan dapat menghilangkan pengaruh jelek serta membantu ruh yang baik maupun yang buruk. Wallahu’alam.

Baca Juga :  Bolehkah Memakai Pakain Ihram Selain Warna Putih?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here