Hukum Mengubur Potongan Rambut dan Kuku

0
33

BincangSyariah.Com – Ketika kita memotong rambut dan kuku, sering kita membiarkannya begitu saja, tanpa dikubur di dalam tanah. Bahkan terkadang dibuang di sembarang tempat. Sebenarnya, bagaimana hukum mengubur potongan rambut dan kuku?

Menurut para ulama, mengubur potongan rambut dan kuku adalah sunnah. Dianjurkan potongan rambut dan kuku untuk dikubur di dalam tanah. Selain untuk menghormati bagian potongan tubuh yang memang mendapat kemuliaan dari Allah, juga terdapat banyak riwayat yang menganjurkan untuk mengubur potongan rambut dan kuku.

Di antaranya adalah riwayat yang disebutkan oleh Imam Al-Baihaqi berikut,

وروى سفيان الثوري عن ابن جريج قال: امر رسول الله صلى الله عليه وسلم بدفن الشعور

Sufyan Al-Tsuari meriwayatkan dari Ibn Juraij, dia berkata; Rasulullah Saw memerintahkan untuk mengubur rambut.

Dalam kitab Awjaz al-Masalik ila Muwaththa’ Malik disebutkan sebuah riwayat sebagai berikut;

َقَالَ مُهَنَّا سَأَلْت أَحْمَدَ عَنْ الرَّجُلِ يَأْخُذُ مِنْ شَعْرِهِ وَأَظْفَارِهِ أَيَدْفِنُهُ أَمْ يُلْقِيهِ ؟ قَالَ يَدْفِنُهُ قُلْت بَلَغَكَ فِيهِ شَيْءٌ قَالَ كَانَ ابْنُ عُمَرَ يَفْعَلُهُ

Muhannan berkata; Aku bertanya pada Imam Ahmad mengenai seorang laki-laki yang memotong rambut dan kuku-kunya, apakah ia kuburkan atau ia buang? Beliau menjawab; Dikuburkan. Aku bertanya lagi; Adakah satu riwayat yang menjelaskan hal ini? Beliau menjawab; Ibnu Umar melakukannya.

Dalam kitab Al-Mushannaf, Ibnu Syaibah menyebutkan sebuah riwayat sebagai berikut;

عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ مُهَاجِرٍ، عَنْ مُجَاهِدٍ: أَنَّهُ كَانَ إِذَا قَلَّمَ أَظْفَارَهُ دَفَنَهَا، أَوْ أَمَرَ بِهَا , فَدُفِنَتْ

Dari Ibrahim bin Muhajir dari Mujahid; bahwasanya beliau ketika memotong kukunya, mengubur (potongan-potongan ) kuku tersebut atau menyuruh orang untuk menguburnya.

Menurut Syaikh Zakariya Al-Anshari dalam kitab Asnal Mathalib, anjuran mengubur rambut, juga kuku, adalah untuk menghormati bagian potongan tubuh yang mendapatkan kemuliaan dari Allah. Karena itu, hendaknya potongan rambut dan kuku ini dikubur di dalam tanah, tidak dibuang di tempat sembarangan, apalagi dibuang di tempat sampah dan tempat kotor lainnya.

Baca Juga :  Hukum Membaca Salawat Sebelum Azan

Syaikh Zakariya Al-Anshari berkata sebagai berikut;

ويستحب دفن الشعر احتراما له قال في الاملاء ودفن الشعر الحسن اكد لئلا يؤخذ للوصل

Disunnahkan mengubur rambut sebagai bentuk penghormatan padanya. Dalam kitab Al-Imla’ disebutkan bahwa mengubur rambut yang bagus lebih dianjurkan lagi supaya tidak diambil untuk dijadikan bahan menyambung rambut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here