Hukum Menggunduli Rambut Setelah Masuk Islam

2
1173

BincangSyariah.Com – Banyak kita temui ketika seseorang baru masuk Islam, dia biasanya mengubah penampilannya, mulai dari busana dan lainnya. Bahkan juga dari penampilan rambut. Dia memotong dan mencukur rambut kepalanya. Bahkan sebagian ada yang menggundulinya. Sebenarnya, bagaimana hukum mencukur dan menggunduli rambut bagi orang yang baru masuk Islam? (Baca: Ingin Jadi Mualaf? Ini Tata Cara Masuk Islam)

Ketika seseorang baru mengikrarkan diri masuk Islam dengan membaca dua kalimat syahadah, maka baginya terdapat beberapa hal yang dianjurkan untuk dikerjakan. Di antaranya adalah mandi besar sebagaimana mandi dari junub dan haid.

Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Syaikh Zainuddin Al-Malibari dalam kitab Fathul Muin berikut;

و من الأغسال المسنونة غسل العيدين والكسوفين والاستسقاء واغسال الحج وغسل غاسل الميت والغسل للاعتكاف   ولكل ليلة من رمضان ولحجامة ولتغير الجسد وغسل الكافر اذا اسلم

Termasuk mandi-mandi yang disunnahkan adalah mandi untuk shalat Idul Fitri dan Idul Adha, mandi gerhana, mandi untuk shalat minta hujan, mandi-mandi haji, mandinya orang yang memandikan mayit, mandi karena hendak i’tikaf, dan mandi di setiap malam di bulan Ramadhan, mandi setelah berbekam, mandi karena badan sudah bau, dan mandinya orang kafir setelah dia masuk Islam.

Selain itu, seseorang yang baru masuk Islam juga dianjurkan untuk memotong dan mencukur rambut kepalanya. Bahkan dianjurkan untuk memotong dan mencukur rambutnya hingga gundul. Ini berlaku baik bagi laki-laki maupun perempuan.

Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Syaikh Abu Bakar Syatha dalam kitab I’anatut Thalibin berikut;

ويسن له – ولو أنثى – إزالة شعره قبل الغسل إن لم يحدث في كفره حدثا أكبر، وإلا فبعده….ولا يسن حلق الرأس إلا في الكافر إذا أسلم، وفي المولود، وفي النسك

Dan disunnahkan bagi orang yang masuk Islam, meskipun perempuan, untuk menghilangkan rambutnya sebelum mandi jika tidak pernah mengalami hadas besar ketika belum masuk Islam. Jika pernah mengalami hadas besar, maka dianjurkan menghilangkan rambutnya setelah mandi. Dan tidak disunnahkan menggundul kepala kecuali bagi non muslim yang baru masuk Islam, anak yang baru lahir, dan ketika melaksanakan ibadah haji.

Melalui penjelasan di atas, maka dapat diketahui bahwa memotong dan mencukur rambut bagi orang yang baru masuk Islam hukumnya adalah sunnah. Bahkan disunnahkan kepalanya untuk digunduli.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here