Hukum Mengedarkan Kotak Amal Masjid Ketika Khutbah Jumat

1
348

BincangSyariah.Com – Sering kita jumpai ketika melaksanakan salat Jumat di masjid, banyak para jamaah yang mengedarkan kotak amal masjid ketika khutbah Jumat sedang berlangsung. Bahkan kotak amal masjid ini banyak yang sengaja diedarkan ketika khatib sudah naik mimbar. Sebenarnya, bagaimana hukum mengedarkan kotak amal masjid ketika khutbah Jumat sedang berlangsung?

Dalam kitab Hasyiyatul Jamal, Syaikh Sulaiman Aljamal mengatakan bahwa setiap perkara yang mengganggu konsentrasi mendengarkan khutbah Jumat, maka hukumnya makruh dilakukan, termasuk mengedarkan kotak amal masjid. Beliau berkata;

وَيُكْرَهُ الْمَشْيُ بَيْنَ الصُّفُوفِ لِلسُّؤَالِ وَدَوْرَانِ الْإِبْرِيقِ وَالْقِرَبِ لِسَقْيِ الْمَاءِ وَتَفْرِقَةِ الأَوْرَاقِ وَالتَّصَدُّقِ عَلَيْهِمْ لأَنَّهُ يُلْهِي النَّاسَ عَنْ الذِّكْرِ وَاسْتِمَاعِ الْخُطْبَةِ اهـ

“Dan dimakruhkan berjalan di antara barisan jamaah salat Jumat untuk meminta-minta, menjalankan kendi, geriba untuk mengalirkan air dan membagi-bagikan selebaran serta memberikan sedekah pada jemaah. Hal ini karena perkara tersebut dapat melenakan jamaah untuk berzikir dan mendengarkan khutbah.”

Karena itu, saat khatib sedang khutbah, kita dituntut untuk menyimaknya dengan penuh kekhusyukan dan kita dilarang melakukan perbuatan yang memalingkan perhatian kita dari khutbah yang disampaikan khatib.

Bahkan dalam kitab Raudhatut Thalibin disebutkan, kebanyakan ulama mengatakan bahwa kita wajib diam sambil khidmat mendengarkan khutbah Jumat meskipun kita tidak mendengar khutbah Jumat tersebut. Kita tidak boleh sibuk berzikir, membaca Alquran, apalagi main hp dan mengedarkan kotak amal masjid, meskipun kita tidak mendengar khutbah Jumat.

Adapun sebagian ulama mengatakan bahwa jika kita tidak mendengar khutbah Jumat, maka kita boleh menyibukkan diri dengan berzikir dan membaca Alquran dengan suara yang pelan dan lirih. Imam Nawawi mengatakan sebagai berikut;

وفي وجوب الإنصات على من لا يسمع الخطبة ، وجهان . أحدهما : لا يجب . ويستحب أن يشتغل بالذكر ، والتلاوة . وأصحهما : يجب ، نص عليه وقطع به كثيرون

Baca Juga :  Jalan Tercepat Menuju Surga

“Kewajiban mendengarkan atas orang yang tidak mendengarkan khutbah, ada dua pendapat. Pertama, tidak wajib dan disunahkan menyibukkan diri dengan zikir dan membaca Alquran. Kedua dan ini yang paling sahih, wajib mendengarkan. Hal ini yang dikatakan dengan tegas dan dikatakan oleh kebanyakan ulama.”

Dengan demikian, ketika kita sedang mendengarkan khutbah Jumat, maka kita tidak boleh sibuk dengan aktivitas lain selain mendengarkan khutbah. Misalnya, mengedarkan kotak amal masjid, bermain hp, pura-pura ngantuk dan lain sebagainya. Semua ini hukumnya makruh dilakukan saat khutbah sedang berlangsung.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here