Hukum Mengambil Buah dari Pohon yang Tumbuh di Halaman Masjid

0
89

BincangSyariah.Com = Di halaman masjid tertentu, terkadang terdapat pohon yang tumbuh dan berbuah. Misalnya, pohon mangga dan jambu. Sebagian masyarakat ada yang memanfaatkan buah-buah pohon tersebut dengan mengambilnya tanpa minta izin terlebih dahulu kepada pengurus masjid. Sebenarnya, bagaimana hukum mengambil buah dari pohon yang tumbuh di halaman masjid, apakah boleh?

Ketika ada pohon tumbuh di halaman masjid dan kemudian berbuah, maka kita boleh mengambil dan memakan buah-buahan tersebut. Menurut Imam Abu Thalib, buah-buahan yang tumbuh di halaman masjid, tidak boleh dijual oleh pengurus masjid, melainkan diberikan kepada kaum muslimin untuk memakannya.

Ini sebagaimana disebutkan oleh Ibn Qudamah dalam kitab Al-Mughni berikut;

وقال في رواية أبي طالب: لا تباع وتجعل للمسلمين وأهل الدرب يأكلونها. وذلك – والله أعلم -، لأن صاحب الأرض لما جعلها مسجدا والنخلة فيها فقد وقف الأرض والنخلة معها ولم يعين مصرفها، فصارت كالوقف المطلق الذي لم يعين له مصرف

Imam Ahmad berkata; Menurut riwayat Abu Thalib, ‘(Buah pohon di halaman masjid) tidak boleh dijual, melainkan digunakan untuk kemaslahatan kaum muslimin atau musafir yang mampir, mereka boleh memakannya. Hal itu-Allah lebih tahu-karena pemilik tanah ketika dia mewakafkan untuk masjid berikut pohon kurma yang ada di sana, berarti dia telah mewakafkan tanah dan berikut pohon kurma. Sementara ketika dia tidak menentukan penggunaannya, maka tanah dan pohon ini seperti wakaf mutlak, yang tidak ditentukan penggunaannya.

Sementara menurut Imam Abu Al-Khaththab, jika pengurus masjid membutuhkan dana untuk kemaslahatan dan kemakmuran masjid, maka buah pohon yang tumbuh di halaman masjid boleh dijual dan hasilnya digunakan untuk dana masjid. Ini sebagaimana disebutkan oleh Ibnu Qudamah dalam kitab Al-Mughni berikut;

Baca Juga :  Doa Masuk dan Keluar Masjid Kenapa Berbeda? Ini Pandangan Syekh Nawawi Banten

قال أبو الخطاب:عندي أن المسجد إذا احتاج إلى ثمن ثمرة الشجرة  بيعت وصرف ثمنها في عمارته

Abu Al-Khaththab berkata; Menurutku, jika masjid membutuhkan dana dari buah pohon, maka boleh dijual dan kemudian hasilnya digunakan untuk kemakmuran masjid.

Dengan demikian, mengambil dan memakan buah-buahan dari pohon yang tumbuh di halaman masjid hukumnya boleh. Namun jika masjid masih membutuhkan dana, maka sebaiknya buah-buahan tersebut dijual dan kemudian hasilnya digunakan untuk kemakmuran masjid.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here