Hukum Mengadakan Selamatan Rumah Baru

0
12731

BincangSyariah.Com – Pada umumnya, masyarakat Muslim di Indonesia ketika hendak menempati rumah baru, mereka mengadakah selamatan terlebih dahulu. Hal ini mereka maksudkan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah dan minta perlindungan kepada-Nya dari segala bentuk bahaya saat menempati rumah baru tersebut. Dalam Islam, bagaimana hukum mengadakan selamatan rumah baru tersebut?

Mengadakan selamatan rumah baru termasuk perkara yang dianjurkan untuk dilakukan dalam Islam. Saat kita diberi kenikmatan berupa rumah baru, kita harus mensyukurinya. Salah satunya dengan mengadakan selamatan atau tasyakuran dengan mengundang orang lain untuk membaca zikir, doa, makan-makan dan lainnya.

Di dalam kitab Almausu’al Alfiqhiyah alkuwaitiyah disebutkan bahwa selamatan rumah baru disebut dengan walimatul bina’. Sementara Imam Syafii menyebutnya dengan al-Wakirah. Meskipun anjuran mengadakan selamatan rumah baru tidak sekuat anjuran walimatun nikah, namun kebanyakan ulama berpendapat bahwa hal tersebut dianjurkan atau mustahabbah. Bahkan sebagian ulama Syafii mengatakan wajib karena Imam Syafii tidak memberi kelonggaran kepada siapa pun untuk meninggalkan selamatan rumah baru ketika hendak menempatinya.

الوليمة للبناء مستحبة كبقية الولائم التي تقام لحدوث سرور أو اندفاع شر ، وتسمى : وَكِيرَة، ولا تتأكد تأكد وليمة النكاح ، وقد ذكر بعض الشافعية قولان بوجوبها ؛ لأن الشافعي قال بعد ذكر الولائم : ومنها الوكيرة .. ولا أرخص في تركها

“Selamatan untuk rumah hukumnya adalah sunah seperti selamatan lainnya yang diadakan karena mendapat nikmat baru atau terhindar dari keburukan. Selamatan rumah baru disebut dengan al-wakirah. Anjuran mengadakan selamatan rumah tidak sekuat anjuran mengadakan selamatan nikah. Sebagian ulama Syafiiyah menyebutkan sebuah pendapat yang mewajibkan mengadakan selamatan rumah. Hal ini karena Imam Syafii mengatakan setelah menyebut beberapa selamatan, ‘Sebagian selamatan adalah al-wakirah, dan saya tidak memberikan kelonggaran dalam meninggalkan selamatan rumah.”

Baca Juga :  Doa Ketika Hendak Menempati Rumah Baru

Dengan demikian, sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah, kita sepatutnya mengadakan selamatan rumah ketika dikaruniai rumah baru oleh-Nya. Dalam surah al-Nahl ayat 114, Allah memerintahkan kepada kita agar senantiasa mensyukuri nikmat-Nya.

وَٱشْكُرُوا۟ نِعْمَتَ ٱللَّهِ إِن كُنتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

“Dan syukurilah nikmat Allah, jika kalian hanya kepada-Nya saja menyembah.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here