Hukum Menelpon Ketika Buang Hajat

0
350

BincangSyariah.Com – Saat ini ada sebagian di antara kita yang kadang menelpon ketika sedang buang hajat. Sebenarnya, bagaimana hukum menelpon ketika buang hajat?

Menelpon dan ngobrol ketika buang hajat di kamar mandi hukumnya makruh, sebaiknya tidak dilakukan. Saat buang hajat, kita disunahkan untuk diam, tanpa bicara baik langsung maupun lewat telpon. Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Imam Syarbini dalam kitab Hasyiyatul Bujairimi ‘alal Khatib berikut;

ولا يتكلم على البول والغائط اي يسكت حال قضاء الحاجة فلا يتكلم بذكر ولا غيره اي يكره له ذلك الا لضرورة

“Seseorang tidak boleh berbicara saat kencing dan buang hajat. Artinya, hendaknya dia diam saat buang hajat tanpa berbicara baik dengan zikir dan lainya. Hal tersebut dimakruhkan kecuali karena darurat.”

Ini berdasarkan hadis riwayat Imam Abu Daud bahwa Nabi Saw bersabda;

لَا يَخْرُجْ الرَّجُلَانِ يَضْرِبَانِ الْغَائِطَ كَاشِفَيْنِ عَنْ عَوْرَتِهِمَا يَتَحَدَّثَانِ فَإِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يَمْقُتُ عَلَى ذَلِكَ

Dua orang laki-laki tidak lah keluar lalu mendatangi kamar mandi (wc) dengan membuka auratnya sambil berbica (mengobrol), melainkan sungguh Allah azza wa jalla marah atas perbuatan tersebut.

Bahkan saat kencing, Nabi Saw enggan menjawab salam. Ini menunjukkan bahwa berbicara saat buang hajat termasuk perkara yang tidak disukai beliau, meskipun terhadap hal yang baik. Dalam sebuah hadis riwayat Imam Muslim dari Ibnu Umar, dia berkisah;

أَنَّ رَجُلاً مَرَّ وَرَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَبُولُ فَسَلَّمَ فَلَمْ يَرُدَّ عَلَيْهِ.

 Ada seseorang laki-laki yang lewat, sedangkan Rasulullah saw sedang kencing, lalu ia mengucapkan salam pada beliau, namun beliau tidak menjawab salamnya.”

Dengan demikian, menelpon saat buang hajat sebaiknya tidak dilakukan karena hal tersebut termasuk perkara yang dimakruhkan. Lebih baik diam tanpa bicara dan ngobrol saat buang hajat.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here