Hukum Mencium Jenazah yang Baru Meninggal

0
2357

BincangSyariah.Com – Ketika ada jenazah yang baru meninggal, kita terkadang melihat sebagian keluarganya ada yang mencium jenazah tersebut. Umumnya, bagian tubuh yang dicium adalah bagian kening jenazah. Namun ada pula yang mencium bagian telapak tangannya. Sebenarnya, bagaimana hukum mencium jenazah yang baru meninggal?

Mencium jenazah yang baru meninggal hukumnya adalah boleh. Tidak ada larangan untuk mencium jenazah yang baru meninggal, baik pada bagian keningnya maupun bagian tangannya. Oleh karena itu, bagi keluarga jenazah, saudaranya, atau sahabat-sahabatnya dibolehkan bagi mereka untuk mencium, terutama bagian kening dan wajahnya.

Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmu berikut;

ﻳﺠﻮﺯ ﻷﻫﻞ اﻟﻤﻴﺖ ﻭﺃﺻﺪﻗﺎﺋﻪ ﺗﻘﺒﻴﻞ ﻭﺟﻬﻪ ﺛﺒﺘﺖ ﻓﻴﻪ اﻷﺣﺎﺩﻳﺚ

Boleh bagi keluarga mayit dan sahabatnya untuk mencium wajah mayit berdasarkan beberapa hadis-hadis sahih.

Di antara hadis yang dijadikan dasar kebolehan mencium jenazah yang baru meninggal adalah hadis riwayat Imam Abu Daud dari Jabir bin Abdillah, dia berkata;

رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُقَبِّلُ عُثْمَانَ بن مَظْعُوْنٍ وَهُوَ مَيِّتٌ، حَتَّى رَأَيْتُ الدُّمُوْعَ تَسِيْلُ

Aku melihat Rasulullah Saw mencium Utsman bin Mazh`un ketika dia meninggal, hingga aku melihat air mata mengalir dari wajah beliau.

Juga berdasarkan hadis riwayat Imam Bukhari dari Sayidah Aisyah, dia berkisah;

أَقْبَلَ أَبُو بَكْرٍ فَتَيَمَّمَ النَّبِيّ صلى الله عليه وسلم وَهُوَ مُسَجًّى بِبُرْدِ حِبَرَةٍ فَكَشَفَ عَنْ وَجْهِهِ، ثُمَّ أَكَبَّ عَلَيْهِ، فَقَبَّلَهُ ثُمَّ بَكَى، فَقَالَ: بِأَبِي أَنْتَ يَا نَبِيَّ اللهِ، لَا يَجْمَعُ اللهُ عَلَيْكَ مَوْتَتَيْنِ

Abu Bakar datang lalu dia mentayamumkan Nabi Saw yang ditutup dengan kain yang halus. Kemudian dia membuka wajah beliau lalu mendekap beliau, mencium beliau dan menangis. Kemudian beliau berkata; ‘Ayahku tebusanmu wahai Nabi Allah, Allah tidak akan mengumpulkan dua kematian padamu.’ (Baca: Benarkah Menangis Saat Mencium Jenazah Keluarga Tidak Boleh?)

Baca Juga :  Ini Doa yang Wajib Dibaca Setelah Takbir Ketiga Salat Jenazah

Berdasarkan dua hadis ini, maka para ulama berpendapat bahwa mencium jenazah, terutama bagi keluarganya dan sahabat-sahabatnya, hukumnya diperbolehkan. Bahkan Nabi Saw dan sahabat Abu Bakar pernah melakukan hal tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here