Hukum Meminta Air Doa

0
28

BincangSyariah.Com – Di Indonesia, banyak dijumpai dari kalangan masyarakat yang minta air doa kepada seorang wali, ulama, kiai dan seorang ustadz. Tujuannya bermacam-macam, ada yang minta air doa agar sembuh dari penyakit, agar bisnis lancar, dan sebagainya. Sebenarnya, bagaimana hukum meminta air doa dalam Islam, apakah boleh?

Meminta air doa kepada orang yang shaleh, ulama, atau seorang ustadz, hukumnya adalah boleh. Dalam Islam, kita dibolehkan untuk minta bantuan doa kepada orang lain, termasuk dalam bentuk media air.

Banyak di antara para ulama salaf yang minum air doa dari orang lain. Di antaranya adalah Shaleh, putra Imam Ahmad. Ia minum air yang telah didoakan oleh ayahnya, Imam Ahmad. Bahkan disebutkan bahwa air tersebut bukan hanya diminum, namun juga disiram pada wajah dan kedua tangannya.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab al-Adaab as-Syar’iyyah berikut;

قال صالح – ابن الإمام أحمد بن حنبل – : ربما اعتللت فيأخذ أبي قدحا فيه ماء فيقرأ عليه ويقول لي : اشرب منه ، واغسل وجهك ويديك . ونقل عبد الله بن الإمام أحمد أنه رأى أباه يعوذ في الماء ويقرأ عليه ويشربه ، ويصب على نفسه منه

Shalih bin Imam Ahmad bin Hanbal berkata; Terkadang aku sakit kemudian ayahku mengambil cawan yang di dalamnya terdapat air kemudian beliau membaca (ayat-ayat Al-Quran) padanya, dan berkata kepadaku, “Minumlah darinya dan basuh wajah dan kedua tanganmu.”

Abdullah bin Imam Ahmad menukil bahwa sesungguhnya dia melihat ayahnya membaca ta’awwudz pada air dan membaca (ayat-ayat Al-Quran) padanya dan beliau meminumnya, dan menyiramkan pada dirinya sendiri.

Berdasarkan kisah ini, maka ada dua cara minum dan mandi air doa. Pertama,  minum air doa dari orang shaleh, ulama, kiai, atau seorang ustadz dengan cara memintanya atau diberikan tanpa diminta terlebih dahulu. Kedua, berdoa sendiri, lalu ditiupkan pada air dan kemudian diminum sendiri.

Baca Juga :  Manusia Sering Lupakan Tiga Nikmat Ini

Dengan demikian, minta air doa dari orang lain hukumnya adalah boleh, bahkan dianjurkan terutama jika orang yang dimintai air doa adalah termasuk orang-orang shaleh, atau wali Allah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here