Hukum Meminjam Karpet Masjid untuk Acara Pernikahan

0
1120

BincangSyariah.Com – Ketika ada acara pernikahan, atau acara lainnya, kadang dijumpai seseorang meminjam karpet masjid. Tentu peminjaman ini dilakukan dengan minta izin terlebih dahulu pada pengurus masjid. Bagaimana hukum meminjam karpet masjid untuk acara nikahan dengan minta izin terlebih dahulu pada pengurus masjid, apakah boleh?

Meminjam karpet, atau barang lainnya, untuk keperluan pribadi seperti acara nikahan, walimahan, dan lainnya, hukumnya tidak boleh. Bahkan sebagian ulama dengan tegas mengatakan bahwa meminjam karpet masjid untuk keperluan di luar masjid adalah haram meskipun sudah meminta izin pada pengurus masjid. Pengurus masjid hanya berhak menjaga barang-barang masjid, bukan meminjamkannya apalagi menjualnya.

Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Syaikh Zainudin al-Malibari dalam kitab Fathul Mu’in berikut;

وَلاَ يَجُوْزُ اسْتِعْمَالُ حُصُرِ الْمَسْجِدِ وَلاَ فِرَاشِهِ فِيْ غَيْرِ فَرْشِهِ مُطْلَقًا سَوَاءٌ كَانَتْ لِحَاجَةٍ أَمْ لاَ

“Tidak boleh menggunakan alat-alat masjid dan karpet masjid di luar tempatnya secara mutlak, baik karena ada kebutuhan atau tidak.”

Di dalam kitab al-Fatawa al-Fiqhiyah al-Kubra disebutkan, bahwa menggelar karpet masjid di masjid lain juga tidak diperbolehkan, apalagi menggelarnya di acara pernikahan, walimahan yang dilakukan di luar masjid.

وَلاَ يَجُوزُ اسْتِعْمَالُ حُصُرِ الْمَسْجِدِ وَلاَ فِرَاشِهِ فِي غَيْرِ فَرْشِهِ مُطْلَقًا سَوَاءً أَكَانَ لِحَاجَةٍ أَمْ لاَ وَاسْتِعْمَالُهَا فِي اْلأَعْرَاسِ مِنْ أَقْبَحِ الْمُنْكَرَاتِ الَّتِيْ يَجِبُ عَلَى كُلِّ أَحَدٍ إِنْكَارُهَا وَقَدْ شَدَّدَ الْعُلَمَاءُ النَّكِيْرَ عَلَى مَنْ يَفْرِشُهَا بِاْلأَعْرَاسِ وَاْلأَفْرَاحِ وَقَالُوْا يَحْرُمُ فَرْشُهَا وَلَوْ فِيْ مَسْجِدٍ آخَرَ

“Tidak diperbolehkan menggunakan alat-alat masjid dan karpetnya di tempat selain tempatnya secara mutlak, baik karena ada kebutuhan atau tidak. Dan menggunakan karpet masjid di acara nikahan termasuk perbuatan yang sangat mungkar yang wajib diingkari oleh siapa pun. Bahkan ulama sangat mengingkari kepada orang yang menggelar karpet masjid di acara nikahan dan acara untuk senang-senang. Mereka berkata, ‘Haram menggelar karpet masjid di masjid yang lain.’”

Baca Juga :  Tafsir Surah 'Abasa Ayat 1 Sampai 10: Pentingnya Menghargai Siapapun

Barang masjid, termasuk karpet, merupakan barang wakaf yang tidak boleh digunakan untuk keperluan di luar masjid. Karena itu, jika ada acara nikahan, atau tahlilan tapi di luar masjid, maka tidak menggunakan atau meminjam karpet masjid dan barang-barang lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here