Hukum Membunuh Jin dalam Islam

2
8102

BincangSyariah.Com – Dalam Al-Qur’an, banyak ditemukan ayat-ayat yang berbicara tentang golongan bangsa jin. Bahkan terdapat sebuah surah dalam Al-Quran yang diberi nama Al-Jin. Ini menunjukkan bahwa golongan bangsa jin memang ada dan diciptakan oleh Allah untuk beribadah kepada-Nya, sebagaimana manusia.

Juga sebagaimana golongan manusia, golongan jin bisa mati dan bahkan bisa dibunuh. Ini karena golongan jin tidak dijamin hidup sampai hari kiamat oleh Allah. Hanya Iblis dan golongan setan yang dijamin hidup sampai hari kiamat oleh Allah, sementara golongan jin tidak. Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Tafsir Al-Baghawi berikut;

وَفِي الْجِنِّ مُسْلِمُوْنَ وَكَافِرُوْنَ، وَيَحْيَوْنَ وَيَمُوْتُوْنَ، وَأَمَّا الشَّيَاطِيْنُ؛ فَلَيْسَ مِنْهُمْ مُسْلِمُوْنَ، وَيَمُوْتُوْنَ إِذَا مَاتَ إِبْلِيْسُ.

Di dalam golongan jin ada yang muslim juga ada yang kafir. Mereka juga hidup dan mati. Adapun golongan setan, maka tidak ada di antara mereka yang muslim, dan mereka mati jika Iblis mati.

Selain itu, juga terdapat sebuah hadis yang menunjukkan bahwa golongan jin bisa mati sebagaimana manusia. Hadis dimaksud diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, dari Ibnu Abbas, dia berkata bahwa Nabi Saw pernah berdoa;

أَعُوذُ بِعِزَّتِكَ الَّذِي لاَ إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ الَّذِي لاَ يَمُوتُ وَالجِنُّ وَالإِنْسُ يَمُوتُونَ

Aku berlindung dengan kemuliaan-Mu yang  tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau, Dzat yang tidak akan mati. Sementara jin dan manusia akan mati.

Meskipun golongan jin bisa mati dan bisa dibunuh, namun ulama tidak membolehkan membunuh jin tanpa ada alasan yang dibenarkan. Bahkan menurut Ibnu Taimiyah, menyakiti jin dan membunuhnya dihukumi haram, sebagaimana menyakiti dan membunuh manusia. Islam mengharamkan kezaliman terhadap makluk apapun, meskipun kafir, termasuk terhadap jin. Selama golongan jin tidak mengganggu dan menyakiti, maka tidak boleh mengganggu dan menyakiti mereka.

Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Asybah wan Nazhair berikut;

قال ابن تيمية لا يجوز قتل الجني بغير حق كما لا يجوز قتل الانسي بغير حق و الظلم محرم في كل حال فلا يحل لاحد ان يظلم احدا ولو كان كافرا

Ibnu Taimiyah berkata; Tidak boleh membunuh golongan jin tanpa alasan yang benar, sebagaimana tidak boleh membunuh golongan manusia tanpa alasan yang benar. Kezaliman diharamkan dalam segala hal, karena itu tidak boleh bagi siapa pun menyakiti orang lain, meskipun ia kafir.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here