Hukum Membuat Kisah Fiktif

0
106

BincangSyariah.Com – Akhir-akhir ini sedang viral mengenai kisah KKN di Desa Penari. Sebagian orang meyakini bahwa kisah ini nyata, namun tak sedikit yang meyakini sebaliknya, yaitu sebagai kisah fiktif. Jika kisah ini benaran fiktif dan berupa karangan semata, apakah pengarangnya bisa disebut pembohong? Sebenarnya, bagaimana hukum membuat kisah fiktif dalam Islam?

Membuat kisah fiktif, seperti novel, skenario film, legenda, dongeng, dan lainnya, termasuk perkara yang diperbolehkan. Terutama apabila hal itu dimaksudkan untuk memberi pelajaran, hikmah, dan nasihat untuk orang lain.

Oleh karena itu, pengarang kisah KKN di Desa Penari dan kisah-kisah lainnya meskipun isinya rekaan atau fiktif, jika dimaksudkan untuk kebaikan, maka ia tidak berdosa. Bahkan ulama membolehkan membuat cerita dan kisah fiktif meskipun hanya untuk hiburan semata.

Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Ibnu Hajar Al-Haitami dalam kitab Tuhfatul Muhtaj berikut;

وَمِنْهُ يُؤْخَذُ حِلُّ سَمَاعِ الْأَعَاجِيبِ وَالْغَرَائِبِ مِنْ كُلٍّ مَا لَا يَتَيَقَّنُ كَذِبَهُ بِقَصْدِ الْفُرْجَةِ بَلْ وَمَا يَتَيَقَّنُ كَذِبَهُ لَكِنْ قَصَدَ بِهِ ضَرْبَ الْأَمْثَالِ وَالْمَوَاعِظِ وَتَعْلِيمَ نَحْوِ الشَّجَاعَةِ عَلَى أَلْسِنَةِ آدَمِيِّينَ أَوْ حَيَوَانَاتٍ

Dari itu, dapat dipahami kebolehan mendengarkan cerita-cerita yang unik dan menarik berupa cerita-cerita yang tidak diyakini kebohongannya dengan tujuan hiburan. Bahkan boleh juga mendengar cerita-cerita yang sudah diketahui secara pasti kebohongannya. Akan tetapi dengan syarat maksud dari membawakan cerita tersebut untuk membuat permisalan, sebagai nasihat dan menanamkan sifat seperti berani, baik tokoh dalam cerita tersebut manusia ataupun hewan.

Dengan demikian, dalam Islam tidak ada larangan untuk membuat kisah dan cerita fiktif, semisal novel, film, dongeng, dan lainnya. Apalagi hal itu ditujukan untuk memberikan edukasi dan nasihat, meskipun fiktif dan rekaan semata, maka hal itu tidak masalah.

Baca Juga :  Hikmah Pagi: Siapa Yang Paling Beruntung Hidupnya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here