Hukum Memberikan Hibah Kepada Non-Muslim

0
17

BincangSyariah.Com – Dalam Islam, kita tidak dilarang untuk berbuat baik kepada non-muslim. Kita dianjurkan untuk saling berbuat baik dengan cara saling tegur sapa, saling memberikan hadiah dan lainnya. Namun bagaimana hukum  memberikan hibah kepada non-muslim, apakah juga tidak dilarang?

Dalam Islam dikenal dua istilah dalam perkara sedekah. Pertama shadaqah mafrudhah atau sedekah wajib. Kedua shadaqah tathawwu’ atau sedekah sunnah. Sedekah wajib hanya berbentuk zakat baik zakat harta maupun fitri. Sedangkan sedekah sunnah meliputi semua bentuk pemberian berupa sedekah biasa, hibah, hadiah dan lain sebagainya.

Untuk sedekah sunnah yang meliputi sedekah biasa, hibah, hadiah dan lainnya, tidak masalah diberikan kepada non-muslim. Karena itu, memberikan hibah kepada non-muslim hukumnya sah dan boleh, sebagaimana memberikan hibah kepada orang muslim.

Ini sebagaimana dikatakan oleh Imam Syafii dalam kitab Al-Umm berikut;

ولا بأس أن يتصدق على المشرك من النافلة

Tidak masalah bersedekah sunnah (selain sedekah wajib) kepada orang musyrik.

Begitu juga menurut ulama Hanafiyah, boleh menghibahkan harta kepada non-muslim, baik sebagai Yahudi, Nasharani, Majusi dan lainnya. Dalam kitab Al-Nutaf fi Al-Fatawa, Syaikh Ali Al-Saghdi berkata sebagai berikut;

وَاَمَّا هِبَةُ الْمُسْلِمِ لِلْكَافِرِ فَجَائِزَةٌ يَهُودِيًّا كَانَ اَوْ نَصْرَانِيًّا اَوْ مَجُوسِيًّا اَوْ مُسْتَأْمَنًا فِي دَارِ الْاِسْلَامِ

Adapun hibah orang muslim kepada orang non-muslim itu boleh, baik orang non-muslim tersebut adalah orang Yahudi, Nasrani, Majusi, atau non-muslim yang mencari suaka dan keamanan di negara Islam.

Menurut para ulama, kebolehan hibah kepada non-muslim ini di antaranya berdasarkan firman Allah dalam surah Al-Mumtahanah [60]: 8 berikut;

لا يَنْهَاكُمُ اللَّهُ عَنِ الَّذِينَ لَمْ يُقَاتِلُوكُمْ فِي الدِّينِ وَلَمْ يُخْرِجُوكُمْ مِنْ دِيَارِكُمْ أَنْ تَبَرُّوهُمْ وَتُقْسِطُوا إِلَيْهِمْ

Baca Juga :  Hukum Kredit KPR Rumah dan Kendaraan Bermotor

Allah tidak melarang kalian dari orang-orang yang tidak memerangi kalian karena agama dan tidak mengusir kalian dari negeri kalian, untuk berbuat baik dan berlaku adil kepada mereka.

Dalam ayat ini dengan jelas Allah tidak melarang untuk berbuat baik kepada non-muslim, terutama bagi yang masih memiliki kedekatan kerabat, tetangga, teman atau lainnya. Salah satu bentuk berbuat baik kepada non-muslim adalah dengan membantu dengan sedekah biasa, hibah, hadiah, tolong-menolong dan berbagai bentuk kebaikan sosial lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here